Pemkab Klaten Bangun Grha Megawati Rp 90 M, Apa Saja Fasilitasnya?

Achmad Syauqi - detikNews
Sabtu, 20 Feb 2021 13:38 WIB
Grha Megawati di Klaten yang dibangun dengan APBD Rp 90 miliar, Klaten, Jumat (19/2/2021).
Ghra Megawati yang sedang dibangun di Klaten. (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Pemkab Klaten, Jawa Tengah membangun gedung serbaguna yang akan dinamai Grha Megawati. Gedung yang masih proses pembangunan tersebut diperkirakan menelan anggaran Rp 90 miliar, apa saja fasilitasnya?

"Itu nanti fasilitasnya banyak. Ada gedung, masjid, tempat catering, tempat ganti, taman, pagar, tempat parkir, dan lainnya," ungkap Ketua Komisi 3 DPRD Klaten, Basuki Effendi pada detikcom, Sabtu (20/2/2021).

Menurut Basuki, dalam paparan Pemkab ke DPRD, gedung yang dibangun di lahan seluas 5.000 meter persegi itu merupakan gedung serbaguna. Kapasitasnya 3.000 orang ditunjang tempat parkir yang memadai.

"Itu gedung serbaguna, tidak untuk hajatan pernikahan saja. Daya tampungnya sekitar 3.000 orang" kata Basuki.

Pemkab, imbuh Basuki, juga memberikan penjelasan jika gedung itu merupakan program multi tahun. Pembangunannya sudah dimulai sejak 2018.

"Karena itu progres kegiatan tahun sebelumnya maka harus dilanjutkan. Selain itu dari peta penduduk Klaten yang besar memang membutuhkan gedung yang daya tampungnya besar," jelas Basuki.

Bupati Klaten terpilih Sri Mulyani menjelaskan pembanguna n tahun ini untuk melengkapi fasilitas. Di antaranya masjid dan tempat keperluan katering.

Menurut Sri Mulyani, anggaran yang dibutuhkan untuk menyelesaikan gedung itu dengan fasilitas lengkap bisa mencapai Rp 88-Rp 90 miliar. Sebab selain gedung utama, masjid, tempat ganti, tempat katering juga akan dibangun joglo.

"Rp 88-Rp 90 miliar ya diperkirakan habis. Karena rencananya juga akan dibangun joglo berkapasitas 700-1.000 orang," ujar Sri Mulyani.

Joglo di Grha Megawati itu, sambung Sri Mulyani, dibangun untuk kapasitas lebih kecil. Karena tidak semua masyarakat yang memiliki hajatan atau acara membutuhkan gedung kapasitas 3.000 orang.

"Karena tidak semua masyarakat punya hajatan atau gawe membutuhkan kapasitas 3.000 orang, jadi kapasitas kecil juga kami buatkan. Yang ingin outdoor juga kami siapkan," kata Sri Mulyani.

Selanjutnya, Grha Megawati juga akan dilengkapi penginapan...

Selanjutnya
Halaman
1 2