Terpopuler Jateng Sepekan

Fakta di Balik Heboh Toilet Tanpa Dinding di Taman Manahan Solo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Sabtu, 20 Feb 2021 08:32 WIB
Solo -

Toilet tanpa dinding di taman depan GOR Manahan Solo, Jawa Tengah sempat viral dan menjadi perbincangan warganet sepekan terakhir. Keberadaan toilet tersebut dianggap merusak pemandangan taman kota nan rindang kawasan Manahan tersebut.

Tampak sebuah kloset jongkok berada di tengah-tengah taman kota. Kondisinya berbeda dengan sejumlah peturasan atau toilet di sekitar Manahan yang memiliki dinding penutup

Di bagian atas sudah tidak terlihat lagi adanya tandon air. Artinya, toilet tersebut memang sudah tidak dipakai. Namun kondisinya tampak tidak terurus dengan banyaknya dedaunan yang menutupi lubang kloset.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Solo, Gatot Sutanto, mengatakan dinding toilet tersebut sebelumnya rusak hingga roboh. Pihaknya sudah sempat menutup kloset dengan seng.

"Dulu itu rusak, hampir ambruk, makanya sekalian dibongkar. Sudah sempat kita tutup seng, mungkin itu diambil orang, sehingga kelihatan (klosetnya)," kata Gatot saat dihubungi detikcom, Selasa (16/2/2021).

DLH masih belum berencana memperbaiki toilet umum itu. Gatot masih mengkaji apakah keberadaan toilet di titik tersebut selama ini berfungsi optimal.

Petilasan toilat yang tidak terurus mejeng di kawasan Manahan, Solo, Jawa Tengah. Fasilitas umum bekas tersebut terlihat dibiarkan begitu saja.Toilet yang tidak terurus mejeng di kawasan Manahan, Solo, Jawa Tengah. Fasilitas umum bekas tersebut terlihat dibiarkan begitu saja. (Foto: Agung Mardika/detikcom)

"Sebab sebelumnya toilet itu malah dipakai penghuni liar, untuk mencuci dan lain-lain. Jadi masih kita pertimbangkan dulu," katanya.

Namun untuk sementara, pihaknya akan menutup kembali toilet di Taman GOR Manahan Solo itu. Sebab keberadaan toilet itu memang mengganggu pemandangan taman.

"Nanti sementara kita tutup lagi, kita cari penutup yang tidak bisa dicuri. Karena ini menyangkut estetika Kota Solo juga," pungkasnya.

(bai/sip)