7 Petugas KPPS Gunungkidul Positif Corona, KPU Cari Pengganti

Pradito Rida Pertana - detikNews
Kamis, 26 Nov 2020 19:18 WIB
Poster
Ilustrasi virus Corona (Foto: Edi Wahyono)
Gunungkidul -

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gunungkidul menyebut saat ini ada tujuh petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang terkonfirmasi positif virus Corona atau COVID-19. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul akan mengganti petugas tersebut.

"Jadi sampai hari ini ada 7 (petugas KPPS yang terkonfirmasi positif Corona)," kata Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul Dewi Irawaty saat dihubungi wartawan via telepon, Kamis (26/11/2020).

Sebelumnya, KPU Kabupaten Gunungkidul menyebut tengah melakukan screening terhadap semua anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Hasilnya, ada satu petugas KPPS Kapanewon Panggang yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Ketua KPU Gunungkidul Ahmadi Ruslan Hani menyebut petugas KPPS itu berasal dari Kapanewon Panggang. Karena seorang KPPS itu positif Corona, maka pihaknya akan mencari penggantinya.

"Iya, sementara yang masuk ke kami baru satu itu, karena belum semua kami terima datanya. Informasinya (petugas KPPS) daerah Panggang, ini segera kita proses penggantiannya," ucap Ahmadi, Rabu (25/11) kemarin.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul Dewi Irawaty menyebut hingga Selasa (24/11) terdapat enam tambahan kasus baru positif Corona. Di mana salah satunya ada yang merupakan hasil screening KPPS yakni, seorang pria (26), warga Kapanewon Panggang.

"Dari enam itu yang screening pegawai ada dua, satu hasil screening KPPS dan satu lagi (screening) Bank," kata Dewi, saat dihubungi wartawan.

(ams/rih)