Seorang Petugas KPPS Gunungkidul Positif Corona, KPU Cari Pengganti

Jauh Hari Wawan S. - detikNews
Rabu, 25 Nov 2020 09:31 WIB
Poster
Ilustrasi virus Corona. (Foto: Edi Wahyono)
Gunungkidul -

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunungkidul melakukan screening terhadap semua seorang anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Hasilnya, ada seorang petugas KPPS Kapanewon Panggang yang terkonfirmasi positif virus Corona atau COVID-19.

Ketua KPU Gunungkidul Ahmadi Ruslan Hani menyampaikan petugas itu sebelumnya menjalani rapid test dan hasilnya reaktif. Selanjutnya setelah menjalani swab petugas itu terkonfirmasi positif virus Corona.

"Iya, sementara yang masuk ke kami baru satu itu, karena belum semua kami terima datanya," katanya saat dihubungi detikcom, Rabu (25/11/2020).

Seorang petugas KPPS itu berasal dari Kapanewon Panggang Kabupaten Gunungkidul. Karena positif Corona, maka pihaknya akan mencari penggantinya.

"Informasinya (petugas KPPS) daerah Panggang, ini segera kita proses penggantiannya," ucapnya.

Dia mengaku tidak mengambil pusing soal adanya petugas KPPS yang positif COVID-19. Mengingat KPU memang sengaja melakukan screening untuk memastikan gelaran Pilkada berjalan aman dan nyaman.

"Gini, jadi (screening dilakukan) sebagai upaya maksimal KPU dalam pemungutan suara nanti biar aman. Sehingga semua KPPS di-rapid test, kalau nanti reaktif di-swab dan kalau positif nanti kita ganti," katanya.

"Jadi kita memastikan semua petugas KPPS aman. Harapannya saat pemungutan tidak ada petugas yang terpapar COVID-19," imbuh Hani.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul Dewi Irawaty menyebut hingga kemarin Selasa (24/11/2020) terdapat 6 tambahan kasus baru. Di mana salah satunya ada yang merupakan hasil screening KPPS yakni, seorang pria (26), warga Kapanewon Panggang, Kabupaten Gunungkidul.

"Dari enam itu yang screening pegawai ada 2, satu hasil sreening KPPS dan satu lagi (screening) bank," ucapnya saat dihubungi wartawan.

Simak juga video 'Kasus Positif Corona Dunia Mendekati Angka 60 Juta':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/sip)