Ketua Bawaslu Jateng Bicara soal Potensi Pilkada 2020 Ditunda

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Senin, 21 Sep 2020 12:35 WIB
Ilustrasi fokus (bukan buat insert) Pilkada Langsung Ditinjau Ulang (Nadia Permatasari/detikcom)
Ilustrasi pilkada 2020. (Nadia Permatasari/detikcom)
Semarang -

Desakan agar Pilkada 2020 ditunda pelaksanaannya karena situasi Pandemi virus Corona atau COVID-19 semakin banyak diserukan. Peluang untuk Pilkada diundur memang ada jika sampai saat ini proses masih berjalan.

"Dalam UU No 6 yang menetapkan Perpu No 2 Tahun 2020 tentang Pemilihan memang dibuka ruang penundaan Pilkada dalam hal terjadi bencana alam dan non-alam dan sebagainya yang menghambat tahapan," kata Ketua Bawaslu Jateng, Fajar Saka saat menjawab pertanyaan tentang usulan penundaan pilkada di acara Ngobrol Bareng Bawaslu (Ngobras) yang digelar secara online, Senin (21/9/2020).

Namun Fajar menjelaskan sampai saat ini tahapan Pilkada masih berjalan dengan penyesuaian. Sehingga hingga saat belum ada opsi untuk dilakukan penundaan.

"Kalau kita saksikan ini tahapan masih jalan dengan penyesuaian dan pengendalian. Kalau apakah ditunda tidak, tahapan masih jalan, berati belum ada opsi penundaan. Kalau bicara norma masih ada kemungkinan penundaan. Jadi norma mengatur penundaan kalau mengganggu tahapan, tapi ini masih berjalan," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2