Ali Makhsun Gantikan Wabup Petahana Tak Lolos Tes Kesehatan Pilkada Demak

Mochamad Saifudin - detikNews
Rabu, 16 Sep 2020 14:39 WIB
Ali Mahsun mendaftar gantikan Cawabup petahana Demak yang tak lolos tes kesehatan, Rabu (16/9/2020).
Foto: Ali Mahsun mendaftar gantikan Cawabup petahana Demak yang tak lolos tes kesehatan, Rabu (16/9/2020). (Mochamad Saifudin/detikcom)
Demak -

Bakal calon Bupati Demak, Dr Eisti'anah, melengkapi berkas perbaikan calon pengganti pendampingnya yakni Ali Makhsun maju ke Pilkada Demak. KPU Demak menyatakan berkas calon pengganti yakni Ali Makhsun lengkap untuk selanjutnya diperiksa keabsahannya.

"Statusnya (calon pengganti) lengkap, tapi keabsahannya masih kita lakukan verifikasi," jelas Ketua KPU Demak Bambang Setya Budi usai meneliti persyaratan calon pengganti di Jalan Kyai Turmudzi, Kelurahan Bintoro, Demak, Rabu (16/9/2020).

Bambang menjelaskan, pihaknya memeriksa dokumen perbaikan calon pengganti meliputi formulir BKWK dan B1KWK. Lanjutnya, BKWK atau gabungan dukungan partai politik dan B1KWK atau rekomendasi Dewan Pimpinan Pusat partai.

"Ketentuannya, BKWK dan B1KWK itu diperbarui dan tidak boleh merubah komposisi gabungan partai politik. Artinya ketika pendaftaran pada tanggal 13 September 2020 itu 6 partai politik, maka B1KWK nya harus terdiri dari enam partai politik yang ada," terang Bambang.

"Dokumen pencalonan sudah terpenuhi dan sah. Kemudian untuk dokumen syarat calon pengganti atau bakal calon pengganti atas nama Ali Makhsun, dari semua proses tahapan dokumen, BKWK, B1KWK sampai terakhir, statusnya ada. Kelengkapannya nanti kita akan verifikasi lebih lanjut sampai tanggal 22 September 2020. Besok (17 September 2020) akan dilakukan pemeriksaan kesehatan di RSUP dr Kariadi Semarang," jelasnya.

Bambang menjelaskan, pihaknya akan menetapkan hasil verifikasi dari proses perbaikan pada 23 September 2020.

"Dokumen pencalonan statusnya sudah memenuhi syarat, sah. Terkait dokumen persyaratan calon, statusnya masih akan kita verifikasi lebih lanjut, setelah itu akan ditetapkan pada tanggal 23 September 2020," jelasnya.

"Perbaikan itu hanya dilakukan sekali yaitu pada tanggal 14-16 September 2020," tegasnya.

Simak video 'Bawaslu Jelaskan Jenis Pelanggaran di Pilkada 2020':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2