Tak Punya HP-Susah Sinyal, Belasan Siswa SMP Kudus Ujian Online di Sekolah

Dian Utoro Aji - detikNews
Selasa, 15 Sep 2020 13:11 WIB
Belasan siswa SMPN 4 Kudus mengkuti penilaian tengah semester (PTS) online di sekolah karena tak punya HP-sinyal internet, Selasa (15/9/2020).
Foto: Belasan siswa SMPN 4 Kudus mengkuti penilaian tengah semester (PTS) online di sekolah karena tak punya HP-sinyal internet, Selasa (15/9/2020). (Dian Utoro Aji/detikcom)
Kudus -

Sejumlah siswa SMP di Kudus masih terkendala saat mengikuti Penilaian Tengah Semester (PTS) secara online. Kendala-kendala tersebut mulai dari tak punya ponsel hingga terkendala jaringan sinyal internet.

Hal ini terjadi di SMPN 4 Kudus. Ada belasan siswa di sekolah tersebut yang terkendala mengikuti ujian karena tidak punya ponsel hingga jaringan susah diakses.

Pantauan detikcom pagi ini, belasan siswa SMPN 4 Kudus mengerjakan PTS secara online di sekolahnya di Jalan Dewi Sartika Nomor 14 Singocandi Kecamatan Kota, Kudus, Selasa (15/9/2020). Mereka tampak fokus mengerjakan PTS online di depan komputer milik sekolah.

Seksi Urusan Kurikulum pada SMP 4 Kudus, Siddiq menjelaskan pelaksanaan PTS di SMPN 4 Kudus memang digelar secara online atau daring. Sebab kondisi Kabupaten Kudus yang masih rawan dengan penyebaran virus Corona atau COVID-19.

"Kondisi kita semua tahu, Kudus zonanya (merah), ini memang anjuran protokol kesehatan, maka ini tidak tatap muka (PTS)," kata Siddiq kepada wartawan di SMP 4 Kudus, siang ini.

"Jadi demi mencegah penyebaran COVID-19, kami menyediakan siswa untuk datang," sambungnya.

Namun memang ada belasan siswa yang melaksanakan PTS secara online di sekolah karena tak punya ponsel dan atau di rumahnya kesulitan sinyal internet.

"Yang banyak, setelah saya tanya beberapa siswa terkendala dengan jaringan. Ada yang memang kurang internetnya kurang bagus di rumah, dan bahkan nuwun sewu tidak punya HP, ada siswa yang benar-benar tidak mempunyai HP," terang Siddiq.

Lebih lanjut dia menjelaskan, PTS berlangsung mulai Senin (14/9/) kemarin sampai Sabtu (19/9). Pada hari pertama PTS online, ada sebanyak 14 siswa SMPN 4 Kudus yang melaksanakan PTS online di sekolah. Kemudian hari kedua ada sebanyak 12 siswa yang mengerjakan PTS online di sekolah.

Jumlah siswanya yang ikut PTS online di sekolah karena tak punya HP jumlahnya empat orang. Kemudian, sisanya kesulitan jaringan internet.

Tonton video 'Tips Memilih Laptop Terbaik untuk Sekolah atau Bekerja dari Rumah':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2