Gerindra-PKB-PPP Usung Danang Wicaksana-Agus Choliq di Pilkada Sleman

Jauh Hari Wawan S. - detikNews
Jumat, 28 Agu 2020 10:40 WIB
Pasangan bakal calon Bupati Sleman dan Wakil Bupati Sleman Danang Wicaksana-Agus Choliq Kamis (28/8/2020).
Foto: Pasangan bakal calon Bupati Sleman dan Wakil Bupati Sleman Danang Wicaksana-Agus Choliq Kamis (28/8/2020). (Jauh Hari Wawan S/detikcom)
Sleman -

Tiga partai politik yaitu Gerindra, PKB, dan PPP sepakat untuk mengusung pasangan bakal calon (balon) bupati dan wakil bupati dalam kontestasi Pilkada Sleman 2020. Pasangan yang diajukan yakni Danang Wicaksana Sulistya dan Agus Choliq dan resmi dikenalkan ke publik.

Untuk diketahui, Danang Wicaksana merupakan kader Gerindra sedangkan Agus Choliq merupakan Ketua DPC PKB Sleman.

Ketua DPC Gerindra Sleman, Sukaptana, menjelaskan terbentuknya koalisi ini telah melalui proses komunikasi politik yang panjang. Sebelumnya, selain tiga partai itu ada Golkar yang disebut ikut dalam koalisi. Namun ternyata hingga saat ini belum menentukan sikap.

"Koalisi ini melalui proses komunikasi politik yang panjang. Tiga partai ini punya visi misi sama dan kami sepakat mengusung Danang-Agus Choliq," kata Sukaptono di Resto Westlake, Sleman, Kamis (27/8) malam.

Koalisi tiga partai ini punya 15 kursi di DPRD Sleman. Rinciannya, Gerindra 6 kursi, PKB 6 kursi dan PPP 3 kursi. Oleh karena itu, Sukaptana percaya diri dan yakin bisa memenangkan pasangan ini.

"Kami sanggup memenangkan Danang-Agus," ujarnya.

Sementara itu, bakal Calon Bupati Sleman Danang Wicaksana S menegaskan tidak hadirnya Golkar dalam perkenalan bukan berarti Golkar ditinggal dalam koalisi. Namun, pihaknya masih perlu berkomunikasi lebih lanjut untuk menyamakan persepsi.