Dibangun Sejak 2018, Bandara YIA Kulon Progo Diresmikan Presiden Hari Ini

Sayoto Ashwan - detikNews
Jumat, 28 Agu 2020 10:01 WIB
Yogyakarta International Airport (YIA), Kulon Progo, Sabtu (28/3/2020).
Foto: Yogyakarta International Airport (YIA), Kulon Progo. (Sayoto Ashwan/detikcom)
Kulon Progo - Presiden Joko Widodo hari ini akan meresmikan pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA) Kulon Progo, DIY. Peresmian dilakukan dengan protokol kesehatan dengan jumlah undangan yang sangat terbatas.

Presiden direncanakan akan tiba dengan pesawat kepresidenan bertolak dari Aceh. Ikut mendampingi Menteri BUMN Erick Tohir dan Mensesneg Pratikno.

Begitu tiba rombongan Jokowi akan disambut Menteri Perhubungan, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Dirut PT Angkara Pura I Faik Fahmi. Presiden kemudian akan mendengarkan paparan dan progres pembangunan.

Presiden juga dijadwalkan akan meninjau area Pasar Kotagede yang menjadi tempat untuk promosi dan menjual produk UMKM di Bandara YIA.

Secara simbolis, peresmian dilakukan dengan penandatangan prasasti dan penekanan tombol sirine oleh presiden didampingi Menhub dan Gubernur DIY.

Selain itu, Presiden juga akan meresmikan sistem peringatan dini tsunami dan pengoperasionalan menara AirNav.

Selanjutnya Jokowi akan bertolak ke Gedung Agung Yogyakarta untuk melaksanakan Salat Jumat dan pembagian sembako serta video conference.

Pembangunan fisik Bandara YIA dilakukan sejak akhir Desember 2018 lalu. Bandara ini memiliki runway sepanjang 3.250 meter dengan daya tampung penumpang hingga 20 juta orang per tahun.

Bandara ini sudah dioperasionalkan pertama pada bulan Maret 2019 sebagai uji coba komersial. Sedangkan penerbangan umum dimulai pada 6 Mei. (mbr/mbr)