Curhatan Pria soal Istri Wafat Usai Melahirkan Didoakan Ribuan Netizen

Achmad Syauqi - detikNews
Rabu, 12 Agu 2020 12:32 WIB
Kisah seorang pria kehilangan istri usai melahirkan, Klaten, Rabu (12/8/2020).
Foto: Kisah seorang pria kehilangan istri usai melahirkan, Klaten, Rabu (12/8/2020). (Tangkapan layar Facebook)
Klaten -

Postingan kisah seorang pria kehilangan istri tercintanya yang meninggal dunia usai melahirkan menyita perhatian netizen. Belasan ribu komentar berisi doa dan puluhan ribu tanggapan diberikan netizen kepada pria tersebut.

Unggahan kisah itu diposting pemilik akun Facebook Putu Bisma Putra di grup info Cegatan Klaten (ICK) sebanyak dua kali. Postingan pertama Kamis (6/8).

Postingan pertama berisi kisah istri pemilik akun yang melahirkan dengan operasi cesar. Operasi berjalan lancar tetapi sang istri mengalami pendarahan, selanjutnya dirujuk ke RS di Yogyakarta dan masuk ruang ICU.

Begini bunyi unggahan Putu:

"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Kulo selaku asli orang Klaten mohon doa nya untuk kesembuhan istri saya yg saat ini sedang terbaring lemah di salah satu rumah sakit di Jogja. Mohon bagi warga Klaten yg saya hormati baik dari kalangan muda maupun tua saya mohon dengan sangat untuk kesembuhan istri saya yg saat ini sedang koma setelah melahirkan anak kedua saya di rumah sakit ibu anak di Klaten

Tgl 3 Agustus 2020
Saya mengantarkan istri saya yg sudah berkontraksi dengan kandungannya yg menginjak hari H / 9 bln ke salah satu rumah sakit ibu anak yg ada di Klaten , istri saya melahirkan anak ke 2 saya dengan operasi Caesar , alhamdulillaaaah anak saya lahir dengan selamat , normal tidak cacad , cantik , tapi setelah melahirkan istri saya mengalami pendarahan yg hebat yg menyebabkan dia kehilangan kesadaran atau bisa dibilang kondisinya sangat kritis , pada akhirnya dokter menganjurkan operasi angkat rahim , saya tidak punya pilihan lain selain mengikuti apa kata dokter , setelah menunggu 2 jam lebih akhirnya operasi berjalan lancar , tapi istri saya dirujuk dirumah sakit lain untuk ditindak lanjuti ( ICU )

Tgl 4 Agustus 2020
Setelah melewati 1 hari 1 malam di ICU pihak rumah sakit rujukan dari yg skrg tidak memiliki cukup darah untuk istri saya , akhirnya pada malam hari pihak rumah sakit menganjurkan istri saya dirujuk lagi di RS Jogja yg saat ini saya dan istri saya tempati

Tgl 5 Agustus 2020
Setelah dirujuk dirumah sakit yg ada di Jogja istri saya dibawa di ruang observasi , setelah melalui banyak hambatan akhirnya istri saya dibawa ke ruang ICU untuk diperiksa dan ditindak lanjuti lagi

Tgl 6 Agustus 2020
Tepat dihari ini detik ini saya memohon kepada para warga Klaten untuk mendoakan kesembuhan istri saya yg saat ini terbaring lemah tidak sadarkan diri / koma .. saya berharap dan mengharap doa kepada warga Klaten yg saya hormati , saya hanya bisa menangis mengemis doa agar istri saya diberi kesembuhan oleh Allah.

Saya hanya seorang laki2 biasa yg tak kuasa menahan tangis melihat kondisi istri saya (emoticon menangis) anak saya butuh istri saya , bayi yg berumur 3 hari yg minum susu donasi dari hamba Allah ...

Terimakasih atas do'anya , semoga orang orang yg mendoakan berada dalam perlindungan Allah , dan dimudahkan dalam segala hal .. Amiiiiiinnn "

Unggahan pertama itu pada Senin (10/8/2020) mendapatkan 20.163 respons dari netizen, 11.637 komentar dan sampai hari ini tidak ada lagi tambahan. Hampir seluruh komentar di postingan itu berisi doa dan nasihat.

Akun FauzanKeren menulis di kolom komentar. "Semoga cepat diberikan kesembuhan dan berkumpul bersama keluarga, Amin."

Ada juga komentar dari Bunda Shanty Mawar Merah yang menulis, "Semoga istrinya sadar dari koma n sehat kembali mas bisa ketemu ank2nya.. Amin.."

Postingan pertama tersebut berlanjut saat pemilik akun memposting cerita kedua pada Minggu (9/8). Hanya saja ceritanya berbeda sebab istri pemilik akun ternyata sudah meninggal dunia.

"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh .
Mengingat postingan kemarin tentang istri saya yg kondisinya kritis setelah melahirkan... Berkelanjutan skrg.
Matur suwun kangge seluruh warga Klaten yg saya hormati

Doa kalian untuk istri saya mungkin sudah dijawab oleh Allah SWT

Akan tetapi istri saya lebih memilih meninggalkan saya dan anak saya yg masih usia 1 Minggu

Innalilahi wa innailaihi rojiun
Telah berpulang ke Rahmatullah istri tercinta saya Soniatus Sholihah di usia yg terbilang masih muda 26th

Kulo selaku suami dari istri saya , ayah dari anak anak saya dengan segenap hati mengucapkan terima kasih atas doa doanya."

Unggahan kedua itu memantik 7.304 tanggapan netizen dan 2.465 komentar sampai Rabu (12/8/2020) pagi. Komentar warga tetap berisi doa dan nasihat.

Pemilik akun Wahid M menuliskan komentar. "Innalilahi wa'inna'ilaihi rooji'uun semoga almarhumah Husnul khatimah dan kluarga yg di tinggalkan di beri kesabaran dan keikhlasan aamiin ya rabbal aalamiin."

Selanjutnya, akun Budi Astuti Tutik menyampaikan rasa duka cita di kolom komentar, "Nderek belo sungkowo mas.. smg istrinya khunul khotimah...Aamiin."

Pengunggah cerita sedih itu, Putu Putra Bisma (24) saat dimintai konfirmasi detikcom mengucapkan rasa terima kasih pada masyarakat yang peduli pada nasibnya.

"Saya sungguh berterimakasih banyak atas doa masyarakat Klaten. Mereka begitu antusias dan ikut merasakan kesedihan saya, baik di kalangan orang tua maupun yang muda sama-sama mendoakan almarhumah istri saya," ungkap Putu saat dihubungi detikcom, Rabu (12/8/2020).

Putu menjelaskan tidak menyangka warga Klaten begitu peduli terhadap kepedihannya. "Kalau saya masih terbilang masih muda. Usia saya 24 tahun dan usia almarhum istri saya 26 tahun," lanjut Putu.

(sip/mbr)