Round-Up

9 Fakta Terungkap dari Teror Tas Berisi Ancaman di Masjid Kampus UNY

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Rabu, 12 Agu 2020 09:48 WIB
Sebuah benda mencurigakan berisi ancaman ditemukan di loker Masjid Mujahidin Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Karangmalang, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Sleman, Selasa (11/8) pagi. Kini sebagian kompleks Masjid UNY dipasangi garis polisi.
Garis polisi di loker masjid UNY, tempat temuan tas mencurigakan (Foto: Jauh Hari Wawan S/detikcom)
Sleman -

Sebuah benda mencurigakan ditemukan di Masjid Al Mujahidin Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Karangmalang, Caturtunggal, Depok, Sleman. Berikut ini sejumlah fakta yang berhasil diungkap di balik aksi teror tersebut.

1. Ditemukan di loker masjid

Benda tersebut ditemukan oleh salah seorang takmir masjid bernama Rizky Nugraha kurang lebih pukul 09.15 WIB pagi tadi. Benda berupa tas itu berada di loker nomor 108.

"Waktu teman-teman takmir baru membersihkan loker. Tiba-tiba di dalamnya ada benda mencurigakan itu," kata Rizky ditemui di lokasi, Selasa (11/8).

2. Benda berupa sebuah totebag

Menurut Rizky, benda mencurigakan itu tersimpan di dalam sebuah totebag berwarna hitam. Takmir sempat membuka tas tersebut, namun kemudian dibiarkan lagi karena terdapat tulisan yang berisi ancaman.

3. Ancaman ledakan

Saat tas tersebut dibongkar isinya, ditemukan tulisan yang menurutnya bernada ancaman, 'BOM BILA TERIAK MELAWAN MELEDAK BERSAMA'.

Ancaman yang tertulis dalam secarik kertas, menurut Rizky, ditemukan di dalam tas bersama benda mencurigakan tersebut.

4. Ada rangkaian kabel dan jam digital

Awalnya, Rizky dan kawan-kawan mengira itu hanya gurauan semata. Sampai mereka mendapati rangkaian kabel serta jam digital.

"Saya bongkar tas itu dan ada rangkaian kabel. Lalu, saya langsung mengeluarkan ke luar masjid. Terus saya lapor ke satpam FBS (Fakultas Bahasa dan Seni)," ucapnya.

5. Telah ditaruh di loker cukup lama

Rizky dan rekan-rekannya tak mengetahui siapa yang menaruh tas itu di dalam loker masjid. Dia menyebut kondisi loker dalam keadaan terkunci dalam jangka waktu lama. Sebab, saat loker dibuka, tas sudah dalam kondisi berdebu.

"Loker itu sudah terkunci lama. Saat kami buka kondisi tas ada debu-debu, ada jaring laba-laba juga," ungkapnya.

Tonton video 'Geger Tas Mencurigakan, Polisi: Isinya Alat Servis Elektronik':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2