Mahasiswa Unnes Adukan Nadiem Makarim ke Komnas HAM, Rektor Angkat Bicara

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Kamis, 06 Agu 2020 18:55 WIB
Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes), Fathur Rokhman, Rabu (24/7/2019).
Universitas Negeri Semarang (Unnes), Rabu (24/7/2019). (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Semarang -

Pihak Universitas Negeri Semarang (Unnes) menanggapi mahasiswanya yang mengadukan Mendikbud Nadiem Makarim ke Komnas HAM. Rektor Unnes Fathur Rokhman mengatakan, Permedikbud Nomor 25 Tahun 2020 yang dipermasalahkan sudah mengatur soal skema keringanan uang kuliah tunggal (UKT).

"Dalam Permendikbud tersebut diatur ada empat skema keringanan pembayaran UKT kepada mahasiswa yaitu perubahan kategori UKT, penurunan UKT, pembayaran UKT secara mengangsur, dan bantuan UKT. Ada 4.097 mahasiswa yang menerima manfaat dari kebijakan Kemendikbud berupa keringanan dan pembayaran UKT. Bahkan seratus persen mahasiswa yang mengajukan sekama pembayaran secara mengangsur dan bantuan UKT dikabulkan. Berbagai kebijakan tersebut menunjukkan bahwa Unnes dan pada umumnya Kemdikbud telah bersikap sangat responsif menghadapi perubahan ekonomi masyarakat akibat pandemi," jelas Fathur dalam siaran persnya, Kamis (6/8/2020).

Dalam siaran pers tersebut, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Abdurahman menyampaikan penurunan UKT diberikan kepada 1.083 mahasiswa, dari 1.167 mahasiswa yang mengusulkan penurunan. Perubahan kategori UKT kepada 194 mahasiswa dari 198 mahasiswa yang mengusulkan. Kemudian 1.184 mahasiswa juga menerima bantuan UKT.

"Dengan bantuan UKT tersebut artinya 1.184 mahasiswa tidak membayar UKT selama satu semester. Unnes juga memberikan kebijakan pembayaran UKT secara mengangsur kepada 1.638 mahasiswa dari 1.638 yang mengusulkannya," jelasnya.

Selain itu pihak Unnes juga menyebut ada penyaluran dana Lazis untuk membantu mahasiswa. Pada periode I tahun 2020 Lazis Unnes telah menyalurkan 265 paket beasiswa, baik dalam bentuk beasiswa reguler maupun bantuan UKT.

Sementara itu pihak Unnes juga menyertakan klarifikasi terkait pelaporan mahasiswanya terhadap Mendikbud Nadiem Makarim ke Komnas HAM. Salah satunya yaitu rektor menyesalkan tindakan para mahasiswa itu karena tidak proporsional.

Selanjutnya, klarifikasi lengkap Unnes soal mahasiswa adukan Nadiem Makarim ke Komnas HAM....

Selanjutnya
Halaman
1 2 3