Waduh, Ada Bangkai Babi dan Pipa Siluman di Bengawan Solo

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Kamis, 06 Agu 2020 16:29 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sidak Bengawan Solo, Karanganyar, Kamis (6/8/2020).
Foto: Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sidak Bengawan Solo, Karanganyar, Kamis (6/8/2020). (Dok Humas Pemprov Jateng)
Semarang -

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Bengawan Solo, Kabupaten Karanganyar. Dalam sidak itu, dia menemukan pipa siluman hingga bangkai babi yang mengapung di sungai.

"Tadi saya lihat genjiknya (bangkai anak babi) mengambang di sungai. Itu jangan, maka peternak ini perlu pembinaan agar bisnisnya tetap jalan, tapi pencemarannya tidak dilakukan," kata Ganjar dalam keterangan tertulisnya, Kamis (6/8/2020).

Ganjar juga masih menemukan pipa siluman dari peternakan babi. Melalui pipa tersebut, limbah peternakan langsung dibuang ke sungai tanpa melalui pengolahan terlebih dahulu. Hal itu dilakukan karena peternakan tidak memiliki IPAL.

"Tadi ada satu yang belum memperbaiki, terus saya minta ke perusahaan, ya jangan pakai pipa siluman. Dia mengelak, tapi saya sudah melihat secara langsung di lapangan. Mereka berjanji akan memperbaiki besok, dan saya minta laporannya setiap hari," kata Ganjar.

Selain peternakan babi, Ganjar juga bertemu pengrajin alkohol. Ganjar juga meminta mereka agar tidak menggunakan pipa siluman.

Sidak tersebut dilakukan terkait kesepakatan dirinya dengan peternak, pengrajin alkohol dan perusahaan tekstil pada Desember 2019 lalu. Ganjar ingin kesepakatan untuk membersihkan pencemaran segera terwujud.

Selanjutnya
Halaman
1 2