Pilkada Purworejo

Gugatan Bapaslon Independen vs KPU Purworejo Mulai Disidangkan

Rinto Heksantoro - detikNews
Kamis, 06 Agu 2020 14:51 WIB
Sidang sengketa bapaslon independen Purworejo vs KPU di Bawaslu Purworejo
Foto: Sidang sengketa bapaslon independen Purworejo vs KPU di Bawaslu Purworejo. (Rinto Heksantoro/detikcom)
Purworejo -

Sidang gugatan sengketa bakal pasangan calon (bapaslon) independen Purworejo Slamet Riyanto HS dan Suyanto SP versus KPU Purworejo mulai disidangkan hari ini. Sidang perdana kasus berkas dukungan perbaikan yang ditolak oleh KPU ini digelar tertutup untuk umum.

Sidang itu digelar di ruang sidang Nurhadi kantor Bawaslu Purworejo di Jalan Jendral Sarwo Edhie Wibowo nomor 14, Purworejo siang ini. Agenda utama dalam sidang tersebut adalah mencari mufakat antara kedua belah pihak baik pemohon maupun termohon agar sengketa dapat diselesaikan tanpa harus melalui proses sidang terbuka.

"Bawaslu hanya menjembatani para pihak untuk berunding mencari titik kesepakatan dan tidak boleh bertentangan dengan perundang-undangan. Hasil dari sidang musyawarah tertutup tersebut akan dituangkan dalam Berita Acara, baik sepakat atau tidak nantinya jadi bahan pimpinan sidang untuk membuat keputusan lanjut atau tidaknya ke sidang berikutnya. Jika tidak sepakat ya lanjut ke sidang musyawarah terbuka," kata Ketua Bawaslu Purworejo, Nur Kholiq ketika ditemui detikcom usai sidang, Kamis (6/8/2020).

Kholiq menyebut penyelesaian sengketa itu mengacu pada Perbawaslu No 2 tahun 2020 tentang tata cara penyelesaian sengketa pemilihan. Ada waktu 12 hari kalender termasuk tanggal merah untuk penyelesaian kasus tersebut.

"Kalau sudah masuk sidang terbuka nanti kita periksa, mengkaji dari dalil-dalil hukum yang disampaiakan oleh para pihak yakni pemohon dan termohon. Majelis akan menilai, memeriksa, dan mempertimbangkan hingga akhirnya memutuskan berdasarkan proses persidangan musyawarah," lanjutnya.

Gugatan ini dilayangkan pasangan Slamet Riyanto HS dan Suyanto SP kepada KPU Kabupaten Purworejo karena menolak dokumen perbaikan mereka pada Selasa (28/7). Dalam sidang tertutup ini, kedua belak pihak masih alot hingga belum mencapai kata mufakat. Sidang lanjutan bakal digelar Jumat (7/8) besok dengan agenda sama.

"Hari ini agenda tertutup terus besok dilanjutkan. Saya mengharapkan pertemuan ini kan untuk musyawarah bersama mencari kesepakatan, tapi karena belum ada kesepakatan ya terus (lanjut sidang berikutnya)," terang bakal Cabup Purworejo independen Slamet Riyanto usai sidang.

Selanjutnya
Halaman
1 2