Jabar Hari Ini: Pabrik Cokelat Kebakaran-Sumur Warga Keluarkan Solar

Tim detikcom - detikNews
Senin, 08 Nov 2021 22:22 WIB
Pabrik cokelat PT CPI di Dayeuhkolot kebakaran
Kebakaran pabrik cokelat di Dayeuhkolot Bandung/Foto: M Iqbal
Bandung -

Beragam peristiwa terjadi di Jawa Barat hari ini, Senin (8/11/2021) dari mulai pabrik cokelat kebakaran di Dayeuhkolot Bandung hingga sumur di Sumedang mengeluarkan solar.


Pabrik Cokelat di Dayeuhkolot Terbakar

Pabrik pengolahan cokelat PT PCI Papandayan Coco Industries, di Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung terbakar, hari ini.

Kepulan asap hitam terlihat dari dalam pabrik. Asap pun sudah menyebar ke jalan raya yang berada tidak jauh dari lokasi kebakaran.

Terlihat petugas pemadam kebakaran tengah mencoba memadamkan api yang berasal dari salah satu gedung di dalam kawasan pabrik tersebut.

Salah satu warga, Cecep (52) menuturkan, kebakaran terjadi sekitar pukul 15.30 WIB. Awalnya, asap dari pabrik pengolahan coklat itu hanya asap kecil. Namun, tiba tiba saja asap dari dalam pabrik itu membesar.

"Awalnya mah kecil, tapi enggak lama kemudian asapnya membesar," ucap Cecep kepada detikcom. Tedi menuturkan sejumlah pegawai pabrik sempat mencoba memadamkan api. Namun, api kemudian membesar dan karyawan pun kewalahan memadamkan api.

"Tadi juga sempat dilakukan pemadaman oleh pegawai pabrik. Kemudian karena membesar, diperlukan bantuan," ucapnya.

Delapan unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan untuk melakukan pemadaman api do lokasi kejadian.

Kejadian kebakaran ini juga dibenarkan oleh Kapolsek Dayeuhkolot Tedi Rusman.

"Iya betul tadi kejadian kebakaran terjadi sekitar setengah 4, langsung datang pemadam kebakaran," ucap Kapolsek Dayeuhkolot Kompol Tedi Rusman kepada detikcom di lokasi kejadian.

Tedi menuturkan sejumlah pegawai pabrik sempat mencoba memadamkan api. Namun, api kemudian membesar dan karyawan pun kewalahan memadamkan api.

"Tadi juga sempat dilakukan pemadaman oleh pegawai pabrik. Kemudian karena membesar, diperlukan bantuan," ucapnya.

Sejauh ini, ada delapan mobil pemadam kebakaran yang masuk ke dalam pabrik. Kemudian, ada empat mobil ambulans yang juga datang ke lokasi kejadian.

"Ada sekitar 8 unit pemadam kebakaran yang berupaya memadamkan api," ucapnya.

Hingga pukul 18.30 WIB, kepulan asap masih terlihat. Petugas pemadam kebakaran pun masih mencoba memadamkan si jago merah.