Jabar Hari Ini: Rian Terancam Hukuman Mati-Unggahan Guru Berujung Dampratan Aparat

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 12 Mar 2021 21:23 WIB
Pembunuh Berantai di Bogor
Polisi menangkap pelaku pembunuhan berantai di Bogor. (Foto: M. Sholihin/detikcom)
Bandung -

Sejumlah peristiwa berlangsung di Jabar hari ini. Polisi mengungkap kasus pembunuhan berantai di Bogor. Selain itu, guru di Sukabumi didamprat aparat desa gegara posting jalan rusak.

Berikut rangkuman berita Jabar hari ini.

Rian 'Serial Killer' Terancam Hukuman Mati

Muhamad Rian alias Rian (21), pembunuh berantai yang habisi dua wanita di Bogor, diperiksa intensif di Mapolresta Bogor Kota. Karena perbuatannya, Rian dijerat pasal berlapis dan terancam hukuman mati.

"Kami menerapkan pasal berlapis, baik itu dengan menggunakan pasal undang-undang perlindungan anak, karena korban yang pertama masih berusia 17 tahun, kemudian kami lapis dengan pasal pembunuhan berencana, kami juga melapis dengan pasal pembunuhan biasa, dengan ancaman hukuman mati atau serendah-rendahnya 15 tahun penjara," kata Kapolresta Bogor Kota Kombes Susatyo Purnomo Condro, Kamis (11/3/2021).

Rian ditangkap di tempat persembunyiannya di Depok Jawa Barat pada Rabu (10/3/2021). Ia mengakui membunuh Diska Putri, siswi SMA di Bogor, yang mayatnya ditemukan terbungkus kantung plastik hitam di Jalan Raya Cilebut, Kota Bogor, pada 25 Februari 2021.

Namun siapa sangka, penangkapan Rian ternyata mengungkap kasus pembunuhan lainnya di Bogor. Lelaki tersebut ternyata membunuh Elya Lisnawati, yang mayatnya ditemukan di kebun kosong, dekat makam keramat Mbah Arya Megamendung, Kabupaten Bogorm, pada 10 Maret 2021.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan, pembunuhan berantai yang dilakukan Rian terungkap dari pengakuan Rian sendiri dan dikuatkan dengan jejak digital di handphonenya.

"Dari hasil pengembangan termasuk penelusuran jejak digital, diketahui pula bahwa pelaku tidak hanya satu kali melakukan pembunuhan," kata Susatyo, Kamis (11/3/2021).

"Selain melakukan pembunuhan terhadap korban atas nama Diska Putri, kemudian hasil pengembangan terungkap bahwa pelaku juga melakukan pembunuhan terhadap korban atasnama Elysa Lisnawati, yang mayatnya dibuang di Pasir Angin, Megamendung, Bogor," ungkap Susatyo menambahkan.

Dalam pemeriksaan terungkap, Rian sempat mengencani kedua wanita yang dibunuhnya di salah satu penginapan di Puncak, Bogor. Namun kejadian pembunuhan itu berlangdung di kamar dan hari berbeda.

"Sementara ini baru dua korbannya ya, motifnya itu sama supaya bisa berkencan dengan korban, kemudian melakukan pembunuhan," kata Susatyo.

Rian mengenal dua wanita tersebut melalui media sosial. Para korban ini diiming-iming akan diberikan sejumlah uang dan diajak jalan-jalan ke kawasan Puncak Bogor. Tak hanya menghabisi nyawa korban, Rian 'Serial Killer' ini mengambil harta benda milik targetnya.