8 Tahanan Kejaksaan di Lapas Ciamis Positif Corona

Dadang Hermansyah - detikNews
Jumat, 26 Feb 2021 19:19 WIB
8 Tahanan Kejari Ciamis Positif Corona
Ambulans menjemput delapan tahanan positif Corona di Lapas Ciamis. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis -

Sebanyak delapan tahanan titipan kejaksaan di Lapas Kelas II B Ciamis terkonfirmasi positif Corona. Tim Dinas Kesehatan langsung menjemput tahanan tersebut untuk menjalani isolasi terpusat di Asrama Haji Islamic Center Ciamis, Jumat (26/2/2021).

Kasi Administrasi Kamtib Lapas Kelas II Ciamis Rahadian Buana mengatakan pihaknya mendapat titipan delapan tahanan dari Kejari Ciamis dengan hasil rapid test non-reaktif pada 24 Februari 2021.

"Tapi ketika kami terima ada satu tahanan yang mengalami kehilangan indera perasa. Dicoba mencium kayu putih dan mencicipi ikan asin tidak terasa. Lalu kami pisahkan dulu," ujarnya di Lapas Ciamis Jumat sore.

Lapas kemudian melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Ciamis untuk melakukan tes swab. Ternyata hasilnya positif COVID-19.

"Sorenya tanggal 25 Februari 2021 dilakukan swab test terhadap 7 orang lainnya, hasilnya hari ini keluar ternyata positif," ungkapnya.

Buana mengatakan total tahanan yang positif berjumlah 8 orang. Sesuai SOP, tahanan baru tidak dicampur dengan tahanan lama. Setiap tahanan baru akan ditempatkan di ruangan khusus selama 14 hari. Tujuannya agar tidak kontak dengan penghuni lapas sebelumnya. Total penghuni lapas saat ini berjumlah 208 orang.

"8 tahanan yang Positif ini ada yang dari Ciamis, Tasikmalaya dan Bandung. Kasusnya bermacam-macam dari 480 KUHP, 351 KUHP hingga 480 KUHP," ujar Buana.

Tujuh ambulans menjemput tahanan yang positif COVID-19 untuk dilakukan isolasi terpusat. Mereka akan melaksanakan isolasi terpusat di Asrama Haji Islamic Center dengan pengawasan ketat dari polisi.

(bbn/bbn)