Ciamis Siap Jadi Penyelenggara 9 Venue Cabor Porprov Jabar 2022

Dadang Hermansyah - detikNews
Jumat, 26 Feb 2021 16:00 WIB
Venue BMX jadi salah satu lokasi yang digunakan pertandingan di Porprov Jabar 2022
Venue BMX jadi salah satu lokasi yang digunakan pertandingan di Porprov Jabar 2022 (Foto: Dadang Hermansyah)
Ciamis - Kabupaten Ciamis ditunjuk menjadi tuan rumah pelaksanaan Porprov XIV Jabar 2022, setelah Tasikmalaya batal jadi tuan rumah. Pemkab Ciamis menyatakan kesiapannya untuk menggelar pertandingan 9 Cabor di 9 Venue.

"Saat ini kita terus melakukan persiapan, melakukan rapat dengan KONI dan Disbudpora Ciamis. Memang kita harus mempersiapkannya sebagai sebuah layanan untuk 27 daerah kabupaten/kota di Jabar," ujar Sekretaris Daerah Ciamis Tatang, usai rapat di Disbudpora, Jumat (26/2/2021).

Tatang menjelaskan ada 9 venue yang dipersiapkan untuk 9 cabang olahraga (Cabor). Yakni BMX, atletik, sepakbola, Wushu, soft tenis, Petanque, panjat dinding, tenis meja dan muaythai.

Pemkab Ciamis pun akan membentuk dua tim, pertama tim untuk panitia penyelenggara Porprov 2022 dan tim prestasi Kabupaten Ciamis.

"Pada intinya kita persiapkan, dari mulai venue sampai dengan promosi dengan melibatkan seluruh instansi, termasuk sarana dan prasarana serta akses ke tempat pertandingan," ungkap Tatang.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Erwan Darmawan mengatakan saat ini persiapan venue sudah mencapai 60 persen. Di tahun 2021 ini bisa mencapai 85 persen.

"Empat venue sudah siap tinggal optimalisasi, tiga venue kita akan melibatkan swasta dengan meminjam dari Unigal dan IAID. Sedangkan dua venue dalam tahap pembangunan, untuk panjat dinding dan atletik," ucap Erwan.

Erwan mengatakan dalam pelaksanaan Porprov 2022 ini Ciamis siap menyukseskan penyelenggaraan, prestasi, administrasi dan sukses ekonomi.

"Untuk potensi ekonomi bisa dimaksimalkan dengan adanya perputaran uang di Ciamis dampak dari kedatangan para atlet seluruh Jawa Barat," katanya.

Dalam Porprov 2022 ini pun bisa menjadi kesempatan untuk lebih mengenalkan budaya Ciamis. Bahwa Ciamis adalah pusat budaya Jawa Barat.

"Kita akan tampilkan kebudayaan Ciamis di upacara pembukaan Porprov 2022. Sehingga masyarakat Ciamis akan lebih bangga," jelasnya. (mud/mud)