Kaleidoskop 2020

Deretan Aksi Prank hingga Konten yang Berujung Perkara Hukum di Jabar

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 13 Des 2020 10:32 WIB
YouTuber Ferdian Paleka berhasil ditangkap polisi usai kabur beberapa hari. Begini tampak Ferdian saat memakai baju tahanan.
Foto: Ferdian Paleka berbaju tahanan (Dony Indra Ramadhan/detikcom).
Bandung -

Beragam aksi viral berujung masalah hukum di Jawa Barat menyedot perhatian publik selama tahun 2020. Mulai dari aksi Ferdian Paleka dengan prank sampah, hingga hoaks masjid Persis putar lagu dugem yang dilakukan oleh Kenneth Williams.

1. Aksi Prank Sampah Ferdian Paleka

Awal tahun 2020, publik dihebohkan dengan munculnya video di YouToube aksi prank sampah terhadap waria. Sosok dibalik pembuat konten itu ialah seorang YouTuber Ferdian Paleka.

Kasus bermula saat Ferdian bersama dua rekannya membagikan dus berisi sampah ke waria dan bocah di Kota Bandung.

Ulah Ferdian diunggah ke channel YouTube-nya dengan judul 'PRANK KASIH MAKANAN KE BANCI CBL'. Dalam video itu, Ferdian beraksi bersama dua temannya menggunakan mobil.

Aksi Ferdian itu banjir kecaman. Korban prank lelaki tersebut melaporkan insiden 'makanan' sampah ke Polrestabes Bandung. Tak lama setelah korban melapor, salah satu teman Ferdian yang ada dalam video itu menyerahkan diri ke Mapolrestabes Bandung. Berdasarkan penyelidikan sementara, polisi menyebut motif prank itu adalah menambah subscriber channel YouTube Ferdian Paleka.

Beberapa hari kemudian, tim gabungan dari tim khusus Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jabar dan Resmob Polrestabes Bandung berhasil menangkap Ferdian dan Aidil. Mereka ditangkap di jalan tol Jakarta-Merak, Tangerang, Banten.

Aksi Ferdian tak sampai di situ. Saat berada di dalam bui, ia pun mendapat sorotan. Pasalnya, dia dan kedua rekannya mendapat perundungan oleh tahanan lain.

aksi perundungan itu terungkap dari video yang tersebar di media sosial. Dalam video berdurasi 19 hingga 49 detik itu terlihat Ferdian dalam keadaan nyaris telanjang dengankepala plontos.

Dalam potongan berdurasi 49 detik terlihat Ferdian dan salah seorang rekannya tengah melakukan push-up. Terlihat wajah konten kreator berusia 21 tahun itu memelas dan matanya berkaca-kaca.

Di sekelilingnya terdapat tahanan kepolisian yang lain mengamati, dan sesekali melakukan kontak fisik dengannya.

Dalam potongan video terakhir berdurasi 32 detik. Ferdian yang tengah duduk sambil menggenggam gelas air mineral kemudian diminta berdiri dan masuk ke dalam sebuah tempat sampah berwarna kuning.

Ferdian cs ternyata tak perlu lama berada dibalik bui. Pada Kamis (4/6/2020) dia bebas dari tahanan. Kebebasannya itu lantaran pelapor mencabut laporan polisi.

"Kasusnya sudah selesai, ada perdamaian dari pihak pelapor dengan tersangka sudah ada perdamaian, proses hukumnya sudah berhenti," ucapRohman Hidayat Kuasa HukumFerdianPaleka diMapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung kala itu.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4