Jabar Hari Ini: Dua Persma Ditahan Polisi-Bioskop di Bandung Mulai Buka

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 09 Okt 2020 19:43 WIB
Sembilan bioskop di Kota Bandung kembali beroperasi. Pengoperasian sejumlah bioskop itu dilakukan meski Kota Bandung tengah berstatus zona merah COVID-19.
Bioskop di Bandung mulai buka hari ini (Foto: Wisma Putra)
Bandung -

Sejumlah peristiwa terjadi di Jawa Barat, Jumat (9/10/2020). Dua anggota persma UPI yang sempat dinyatakan hilang ternyata diamankan di Polda Metro Jaya hingga bioskop di Kota Bandung kembali dibuka mulai hari ini.

Berikut rangkuman beritanya di Jabar Hari Ini:

2 Anggota Persma UPI Diamankan Polda Metro Jaya

Dua orang jurnalis pers mahasiswa (persma) dari media kampus Pers LIMA UPI Cibiru diketahui sempat hilang kontak saat meliput kegiatan aksi demonstrasi UU Cipta Kerja di Jakarta, Kamis kemarin (8/10) kini sudah ditemukan.

Pemimpin Umum PersLIMA UPI Sitin mengatakan, hingga pukul 10.57 WIB keduanya masih diamankan di Polda Metro Jaya, Jakarta.

"Jadi mereka itu alhamdulillah tadi sekitar pukul 08.00 WIB pagi handphone-nya sudah dikembalikan. Jadi sudah bisa menghubungi kita langsung lewat WhatsApp mereka," kata Sitin saat dihubungi detikcom, Jumat (9/10/2020).

Sebelum diketahui keberadaannya di Polda Metro Jaya, pada pukul 00.25 WIB kedua jurnalis persma yang memiliki identitas Amalia Azzahra mahasiswa jurusan PGSD 2019 dan Syarifah Nuraini jurusan Pendidikan Multimedia 2018 tersebut sempat ditahan aparat di Monumen Nasional Jakarta.

"Saat ini mereka masih ditahan di Polda Metro Jaya, kami pun disini masih mem-follow up terkait prosedur penjemputannya seperti apa dengan yang bersangkutan langsung dan keluarga yang akan menjemput," ujarnya.

Selama proses penahanan, mereka di dampingi oleh Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pers Jakarta. Sitin menuturkan, baik kondisi fisik maupun psikis kedua mahasiswi tersebut dalam keadaan baik-baik saja.

"Ada (pendampingan LBH). Alhamdulillah baik-baik saja," kata Sitin.