Raden Rangga dan 2 Petinggi Sunda Empire Dituntut 4 Tahun Bui

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 22 Sep 2020 15:00 WIB
Raden Rangga
Raden Rangga (Foto: Dok detikcom)

Jaksa menuturkan kehadiran Sunda Empire ini berawal saat Nasri Banks membaca sejarah tahun 2003 yang tidak benar sumbernya. Lalu meyakini istrinya Raden Ratna Ningrum merupakan keturunan Alexander The Great. Nasri juga meyakini kedatangan seseorang membawa sertifikat bernilai ratusan dolar.

Berdasarkan keterangan para terdakwa, kata Jaksa, Kekaisaran Sunda Empire juga mengklaim seluruh lembaga dunia seperti PBB dan NATO didirikan di Bandung. "PBB, Nato, Pentagon dan World Bank didirikan oleh Kaisar Sunda Empire di Gedung Isola Bandung merupakan berita bohong karena tidak sesuai dengan fakta sejarah," ujarnya.

Menurut jaksa, Sunda Empire juga kerap melakukan kegiatan di Gedung Isola UPI. Kegiatan itu bahkan direkam dan videonya disebarluaskan melalui media YouTube.

"Di mana video Sunda Empire sempat viral dan ditonton masyarakat luas pengguna media sosial. Di mana dalam video tersebut Nasri Banks dan Raden Rangga Sasana sedang pidato mengenai Sunda Empire yang akan menguasai tatanan dunia," katanya.

Akibat menyebarnya video tentang Sunda Empire yang belum tentu kebenarannya tersebut telah menimbulkan keonaran dan kekhawatiran di kalangan masyarakat, khususnya masyarakat Sunda. Atas tuntutan ini, terdakwa dan kuasa hukumnya mengajukan pembelaan. Pembacaan pembelaan atau pleidoi akan disampaikan pada sidang selanjutnya.

Halaman

(dir/bbn)