Jabar Hari Ini: Tiap Hari 30 Pasangan di Garut Cerai dan Mitos Kampus ITB

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 04 Sep 2020 20:37 WIB
Kampus ITB
Kampus ITB (Foto: Istimewa)
Bandung -

Ragam peristiwa terjadi di Jabar hari ini, Jumat (4/9/2020). Mulai Sekda Kota Cirebon positif Corona hingga masa pendaftaran Pilkada 2020 di sejumlah daerah Jabar.

Berikut rangkumannya:

Sekda Kota Cirebon Positif Corona

Sekda Kota Cirebon Agus Mulyadi terkonfirmasi positif COVID-19. Agus saat ini menjalani isolasi mandiri di rumah dinasnya.

"Dengan adanya konfirmasi bahwa Sekda Kota Cirebon positif COVID-19. Pertama menjadi perhatian bagi pemerintah kota Cirebon," kata Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis dalam keterangan yang diterima detikcom, Jumat (4/9/2020).

Azis mengatakan pemkot harus lebih ekstra menangani pencegahan penyebaran COVID-19. Azis mengatakan adanya pejabat Pemkot Cirebon yang positif harus disikapi dengan bijak. Masyarakat harus lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan. Tadi malam dapat informasinya," kata Azis.

Menurut Azis, Agus memiliki riwayat perjalanan ke Bogor untuk mengikuti rapat antar sekda se-Jawa Barat. "Pak Sekda ke Bogor. Bertemu dengan sekda-sekda di Jabar. Tapi indikasinya bukan itu. Kita tidak tahu Pak Sekda ketemu siapa lagi," katanya.

Sementara itu, dari data yang dirilis situs resmi Satgas COVID-19 Kota Cirebon menyebutkan hingga Kamis (3/9) kemarin total pasien positif mencapai 96 kasus. Sebanyak 40 pasien masih menjalani perawatan, 49 pasien berhasil sembuh. Kemudian, tujuh pasien meninggal.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat Berli Hamdani mengatakan seluruh pertemuan yang diadakan oleh Pemprov Jabar telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Indikasi Agus tertular dari peserta di pertemuan itu pun minim.

"Semua pertemuan di Jabar sudah dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Insyaallah kalaupun ada yang positif, bukan di saat pertemuan tersebut (rapat di Bogor) dan juga insyaallah tidak menularkan ke yang lain," kata Berli saat dikonfirmasi, Jumat (4/9/2020).

Saat ini pelacakan tengah dilakukan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Kota Cirebon kepada kontak erat yang pernah berinteraksi dengan Agus. Para pegawai di lingkungan Pemkot Cirebon pun diisolasi dan akan menjalani tes usap (swab test).

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5