Jabar Hari Ini: Kisah Ayah Curi HP Demi Anak-RK Jadi Relawan Vaksin Sinovac

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 05 Agu 2020 19:50 WIB
Jaksa di Garut bantu ayah yang curi ponsel demi anaknya belajar online
Jaksa di Garut bantu ayah yang curi ponsel demi anaknya belajar daring (Foto: Hakim Ghani/detikcom).

Denda Masker Rp 100 Ribu di Bandung

Pemkot Bandung memberlakukan denda masker mulai Kamis 6 Agustus 2020. Masyarakat tak bermasker siap-siap kena denda Rp 100 ribu.

"Jadi terkait sanksi itu imbauannya, sosialisasinya sampai dengan hari ini. Besok (Kamis), kita sudah mulai mengimplementasikan," ucap Kepala Satpol PP Kota Bandung Rasdian Setiadi saat dihubungi, Rabu (5/8/2020).

Rasdian mengatakan pemberlakuan denda tersebut sudah berdasarkan Perwal Nomor 43 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Hal ini berkaitan dengan pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran virus Corona atau COVID-19.

"Tapi itu (pemberlakuan dendanya) harus lewat tahapan juga. Kan di situ (Perwal) ada sanksi ringan berupa tertulis hingga teguran, sanksi sedang ada jaminan identitas, ya KTP atau identitas lain. Nah terakhir itu pengenaan sanksi administrasi paling besar Rp 100 ribu," ujarnya.

"Misalkan kalau dia nggak pakai masker, sudah diingatkan masih juga nah kita tingkatkan ke sanksi sedang, itu kan ada jaminan yang identitas itu, kalau masih juga ya kita kenakan denda berat. Jadi tahapan lewat itu dulu," kata Rasdian menambahkan.

Ia menegaskan pemberlakuan denda tersebut bukan hanya untuk warga yang tak bermasker. Menurut dia, denda juga berlaku untuk sektor lainnya yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

"Giat usaha itu kan diatur Rp 150 ribu paling besar. Tapi untuk kegiatan usaha yang agak besar, itu sampai Rp 500 ribu," kata Rasdian.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5