Gapura Sumedang Kembali Disorot Warganet, Ada Apa?

Muhamad Rizal - detikNews
Sabtu, 01 Agu 2020 23:56 WIB
Gapura Sumedang
Gapura di Sumedang yang disorot warganet. (Foto: Muhamad Rizal/detikcom)
Sumedang -

Sempat ramai di media sosial, kini gapura yang bertuliskan 'Selamat datang di Sumedang Kota Tahu' kembali disorot warganet. Ada apa?

Akun bernama Geber Bray membagikan foto kondisi gapura saat ini ke salah satu grup Facebook. "Assalamualaikum, Punten, Ari KANTOR DINAS TERKAIT alamat na dimana nya? ieu Tulisan TAHU nu aya dina Gapura Selamat Datang Di Kota Sumedang tos Ruksak," tulis akun tersebut sebagaimana dilihat detikcom, Sabtu (1/8/2020).

"Harusnya Gapura selamat datang di kota Sumedang ini dibangun Megah&Gagah Terbuat dari Tembok,Kayu Jati atau Besi & Beton kualitas internasional. Pak Sekda Kab Sumedang,dulu pernah bilang kalau Tugu ini akan di Renovasi, Mana Janjimu? Nuhun," kata Geber Bray.

Akun bernama Saefi AL Manafie ikutan bereaksi. Ia mengajak warga Sumedang urunan uang sebesar Rp 5.000 untuk biaya perbaikan gapura tersebut.

"Hayu ah rang udunan 5000 sewangmah kanu mampu atawa saridonawe," tulisnya.

Gapura SumedangKondisi gapura di Sumedang ini rusak. (Foto: Muhamad Rizal/detikcom)

Sekda Kabupaten Sumedang Herman Suryatman menegaskan pihaknya akan segera memperbaiki gapura tersebut. Soal komentar dan sorotan warganet berkaitan kondisi gapura, Herman menyebutkan hal itu sebagai kritikan positif.

"Tidak apa-apa kang, itu kritik membangun. Memang ada rencana diperbaiki atau di-redesign ulang," kata Herman.

Herman mengakui kondisi gapura tersebut mengalami kerusakan. "Itu ada huruf yang lepas, akan dibetulkan. Insyaallah desainnya jauh lebih baik," kata Herman.

(bbn/bbn)