Gapura Sumedang Kota 'Kardus', Bupati: Saya Juga Kecewa

Muhamad Rizal - detikNews
Sabtu, 22 Feb 2020 15:36 WIB
Gapura sumedang kota tahu
Foto: Muhamad Rizal
Sumedang -

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir akhirnya buka suara soal Gapura ucapan "Selamat datang di Sumedang kota tahu" yang menuai kritik. Dony mengaku kecewa sekaligus malu dengan bentuk gapura itu.

Gapura yang berlokasi di Desa Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan ini menjadi banyak dikenal masyarakat Indonesia karena bentuknya yang dinilai tidak mempunyai nilai seni hingga akhirnya viral di media Sosial.

Dony mengaku bentuk gapura jauh berbeda dengan gambar yang diperlihatkan padanya. "Kalau mau terus terang, saya juga kecewa melihat bentuk gapura itu, melihat gambar memang bagus, tapi kenyataannya tidak begitu," kata Dony di Gedung Negara, kemarin.

Gapura Sumedang Kota 'Kardus', Bupati: Saya Juga KecewaFoto: Muhamad Rizal


Dony menilai di balik viralnya gapura, ia merasa bersyukur karena hujatan dari publik menandakan masyarakat Sumedang masih peduli dengan kampung halamnnya. "Menandakan bahwa mereka mencintai dan peduli terhadap kotanya sendiri (Sumedang)," ucap Dony.


Meski begitu, diakuinya apabila dibiarkan terus tidak segera diperbaiki akan merusak citra Sumedang sebagai puser budaya yang baru saja di nobatkan sebagai kawasan pariwisata di Jawa Barat.

"Supaya gapura ini bisa secepatnya diubah. Desain untuk perbaikannya sudah ada, Kami akan memprosesnya paling lambat pada perubahan APBD nanti," tutur Dony.


Seperti diketahui gapura "Selamat datang di Sumedang kota tahu" menuai polemik. Netizen menghujatnya dan mempelesetkan kota tahu menjadi kota kardus, karena bentuk tahu yang tidak bernilai seni.

(ern/ern)