Digempur Rusia, Ukraina Klaim Tembak Jatuh 60 Rudal

ADVERTISEMENT

Digempur Rusia, Ukraina Klaim Tembak Jatuh 60 Rudal

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 06 Des 2022 10:36 WIB
Rusia telah menggelar latihan perang nuklir. Dalam latihan itu, Rusia meluncurkan rudal balistik antarbenua Yars.
Ilustrasi rudal Rusia (dok. Russian Defence Ministry/Handout via Reuters)
Kiev -

Rusia menembakkan rentetan rudal ke sejumlah target di berbagai wilayah Ukraina setelah dua pangkalan udaranya dilanda ledakan yang dipicu serangan drone. Otoritas Ukraina mengklaim berhasil menembak jatuh sekitar 60 rudal, dari total 70 rudal yang ditembakkan pasukan Moskow.

Seperti dilansir BBC, Selasa (6/12/2022), gempuran udara Rusia itu menjadi gelombang serangan ke-8 yang melanda Ukraina dalam delapan pekan terakhir. Gangguan jaringan listrik dilaporkan terjadi di sebagian besar wilayah timur Ukraina, sedangkan di Odesa, Ukraina bagian selatan, aliran listrik terputus.

Otoritas Kiev mengklaim sedikitnya empat orang tewas akibat gempuran terbaru pasukan Moskow tersebut. Namun, serangan udara terbaru yang terjadi nyaris dua pekan setelah serangan terakhir, diperkirakan memicu lebih sedikit kerusakan dibandingkan serangan-serangan sebelumnya.

Dalam pernyataannya, otoritas Ukraina mengklaim berhasil menembak jatuh sedikitnya 60 rudal, dari total 70 rudal yang ditembakkan pasukan Rusia ke wilayahnya.

Kementerian Pertahanan Rusia dalam pernyataan terpisah menyebut pasukannya melancarkan 'serangan besar-besaran terhadap sistem komando militer Ukraina dan pertahanan terkait, juga fasilitas komunikasi, energi dan militer'.

"Seluruh 17 target terkena serangan," klaim Kementerian Pertahanan Rusia merujuk pada target-target di Ukraina.

Dalam pernyataan menanggapi gempuran terbaru Rusia, Presiden Volodymyr Zelensky menyebut serangan Moskow itu juga menghantam pasokan listrik di negara tetangga Moldova.

"Ini sekali lagi membuktikan bahwa kemampuan Rusia untuk melancarkan serangan teroris besar-besaran semacam itu tidak hanya menjadi ancaman bagi Ukraina, tapi juga seluruh wilayah kita," sebut Zelensky.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan Video 'Ukraina Bombardir Posisi Rusia di Bakhmut':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT