5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

ADVERTISEMENT

5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 03 Des 2022 19:46 WIB
SELANGOR, MALAYSIA-24 NOVEMBER: Datuk Seri Anwar Ibrahim, speaks during the first official press conference after being elected as the 10th Prime Minister of Malaysia at Sg. Long Golf Club, in Selangor Malaysia on 24 November, 2022. (Photo by Syaiful Redzuan/Anadolu Agency via Getty Images)
PM Malaysia Anwar Ibrahim (dok. Syaiful Redzuan/Anadolu Agency/Getty Images)
Jakarta -

Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim mengumumkan susunan kabinet pemerintahannya yang total terdiri atas 28 menteri. Jet pengebom nuklir siluman terbaru, B-21 Raider, yang baru saja diluncurkan oleh Amerika Serikat (AS) diklaim akan sulit terdeteksi oleh sistem pertahanan udara tercanggih sekali pun.

Total ada 28 anggota kabinet dalam pemerintahan Anwar, yang merupakan pengurangan dari 32 menteri dalam dua pemerintahan sebelumnya di bawah mantan PM Ismail Sabri Yaakob dan mantan PM Muhyiddin Yassin.

Sementara B-21 Raider disebut mampu membawa senjata konvensional mau pun senjata nuklir ke seluruh dunia dengan menggunakan kemampuan jarak jauh dan bisa melakukan pengisian bahan bakar di udara. Jet pengebom siluman ini juga bisa diterbangkan dengan atau tanpa awak manusia.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Sabtu (3/12/2022):

- Kabinet Ramping Anwar Ibrahim: Rangkap Jadi Menkeu, 2 Wakil PM, 25 Menteri

Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim mengumumkan susunan kabinet dalam pemerintahannya pada Jumat (2/12) malam waktu setempat. Total ada 28 anggota kabinet, termasuk Anwar, yang mencerminkan komitmennya untuk menyusun kabinet lebih ramping dibandingkan pemerintahan sebelumnya.

Seperti dilansir The Star, Sabtu (3/12/2022), Anwar sendiri menunjuk dirinya untuk merangkap jabatan sebagai Menteri Keuangan (Menkeu), jabatan yang pernah dipegangnya saat menempati posisi Wakil PM tahun 1991 lalu hingga dipecat pada tahun 1998.

Total ada 28 anggota kabinet dalam pemerintahan Anwar, yang merupakan pengurangan dari 32 menteri dalam dua pemerintahan sebelumnya di bawah mantan PM Ismail Sabri Yaakob dan mantan PM Muhyiddin Yassin.

- Tunjuk Politikus Terjerat Korupsi Jadi Wakil PM, Anwar Ibrahim Dikritik

Keputusan Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim menunjuk Ahmad Zahid Hamidi, pemimpin koalisi Barisan Nasional dan Ketua UMNO, sebagai satu dari dua Wakil PM menuai kritikan tajam. Sebabnya, Ahmad Zahid sempat terjerat rentetan kasus korupsi.

Seperti dilansir The Star, Sabtu (3/12/2022), kritikan terhadap Anwar dilontarkan oleh wakil ketua Sayap Bersekutu dalam Partai Pribumi Bersatu Malaysia (Bersatu), Dr Robert Ling Kui Ee. Bersatu yang diketuai Muhyiddin Yassin tergabung dalam koalisi Perikatan Nasional yang kini menempatkan diri sebagai oposisi.

Robert Ling dalam pernyataannya yang dirilis setelah Anwar mengumumkan susunan kabinetnya pada Jumat (2/12) malam, menyebut penunjukan Ahmad Zahid menempati posisi terkuat kedua dalam pemerintahan sama saja memberikan isyarat kepada dunia bahwa Malaysia mentolerir korupsi.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT