Tudingan Keras Menlu Rusia Bila NATO Terlibat Perang Ukraina

ADVERTISEMENT

Tudingan Keras Menlu Rusia Bila NATO Terlibat Perang Ukraina

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 02 Des 2022 21:38 WIB
Profil Sergei Lavrov, Menlu Rusia yang Diisukan  dilarikan ke RS
Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergei Lavrov (Foto: AFP/OZAN KOSE)
Jakarta -

Tudingan keras diberikan oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergei Lavrov terhadap Amerika Serikat (AS) dan aliansi NATO. Tudingan ini terkait keterlibatan dalam perang di Ukraina.

Sergei Lavrov menuduh Barat telah terlibat secara langsung dalam perang berkelanjutan di Ukraina. Hal ini disebut dilakukan dengan mengirimkan pasokan persenjataan dan melatih para tentara.

Dilansir Associated Press, Jumat (2/12/2022), Lavrov dalam panggilan video dengan wartawan juga menjelaskan bahwa serangan rudal Rusia terhadap fasilitas energi Ukraina dan infrastruktur penting lainnya dimaksudkan untuk melemahkan potensi militer Ukraina. Serta sebagai upaya untuk menggagalkan pengiriman senjata Barat.

"Anda tidak seharusnya mengatakan bahwa AS dan NATO tidak ambil bagian dalam perang ini. Anda berpartisipasi langsung di dalamnya," tegas Lavrov dalam panggilan video dengan wartawan pada Kamis (1/12) waktu setempat.

Lavron menyebut AS dan NATO tidak hanya menyediakan pasokan persenjataan. Namun juga melatih tentara-tentara Kiev di sejumlah wilayah di Inggris, Jerman hingga Italia.

Simak halaman selanjutnya



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT