Menlu Rusia: AS-NATO Terlibat Langsung dalam Perang Ukraina!

ADVERTISEMENT

Menlu Rusia: AS-NATO Terlibat Langsung dalam Perang Ukraina!

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 02 Des 2022 13:33 WIB
Russian Foreign Minister Sergei Lavrov attends a joint news conference with Secretary-General of the Organisation of Islamic Cooperation (OIC) Hissein Brahim Taha in Moscow, Russia October 24, 2022. REUTERS/Evgenia Novozhenina/Pool
Menlu Rusia Sergei Lavrov (dok. REUTERS/Evgenia Novozhenina/Pool)
Moskow -

Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergei Lavrov menuduh Barat, terutama Amerika Serikat (AS) dan aliansi NATO, telah terlibat secara langsung dalam perang berkelanjutan di Ukraina, dengan mengirimkan pasokan persenjataan dan melatih tentara-tentara Kiev.

Seperti dilansir Associated Press, Jumat (2/12/2022), Lavrov dalam panggilan video dengan wartawan juga menjelaskan bahwa serangan rudal Rusia terhadap fasilitas energi Ukraina dan infrastruktur penting lainnya dimaksudkan untuk melemahkan potensi militer Ukraina dan menggagalkan pengiriman senjata Barat.

"Anda tidak seharusnya mengatakan bahwa AS dan NATO tidak ambil bagian dalam perang ini. Anda berpartisipasi langsung di dalamnya," tegas Lavrov dalam panggilan video dengan wartawan pada Kamis (1/12) waktu setempat.

"Dan tidak hanya dengan menyediakan senjata tetapi juga dengan melatih personel. Anda melatih militer mereka di wilayah Anda, di wilayah Inggris, Jerman, Italia dan negara-negara lainnya," sebutnya merujuk pada negara-negara Barat.

Disebutkan Lavrov bahwa rentetan serangan rudal, drone dan tembakan artileri yang membuat jutaan warga Ukraina tidak mendapatkan pasokan listrik, pemanas dan air dimaksudkan untuk 'melumpuhkan fasilitas energi yang memungkinkan Anda terus menggenjot senjata mematikan ke Ukraina untuk membunuh tentara Rusia'.

"Infrastruktur yang menjadi target serangan-serangan itu digunakan untuk memastikan potensi tempur Angkatan Bersenjata Ukraina dan batalion nasionalis," ujar Lavrov.

Ukraina dan Barat menuduh Rusia menargetkan infrastruktur sipil yang penting untuk menurunkan moral pasukan, membuat rakyat menderita selama musim dingin dan memaksa otoritas Kiev melakukan perundingan damai dengan memenuhi persyaratan Moskow.

Simak video 'Bom Surat Teror Kedubes Ukraina-Perusahaan Roket di Spanyol':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT