5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

ADVERTISEMENT

5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 25 Nov 2022 17:34 WIB
Siapa PM Baru Malaysia? Ini Profil Anwar Ibrahim PM Malaysia
PM baru Malaysia Anwar Ibrahim (Foto: AP Photo/Vincent Thian, File)
Jakarta -

Anwar Ibrahim mengatakan prioritas utamanya setelah menjadi Perdana Menteri (PM) adalah memulihkan perekonomian Malaysia. Anwar Ibrahim juga menolak menerima gaji sebagai PM.

"Saya bersyukur bahwa hari ini dan sebelum ini, situasi dan kepercayaan investor telah berubah. Ringgit menguat dan pasar saham dihidupkan kembali," kata Anwar Ibrahim dalam jumpa pers setelah dilantik menjadi PM Malaysia seperti dilansir MalayMail, Jumat (25/11/2022).

Anwar berharap perekonomian Malaysia segera bangkit. Dengan bangkitnya ekonomi, kata dia, rakyat Malaysia akan terlindungi.

"Mari kita sekarang fokus pada ekonomi dan melakukan apa pun untuk menghidupkannya kembali sehingga kesejahteraan rakyat, khususnya yang miskin dan terpinggirkan akan terlindungi," ujarnya.

Anwar juga menekankan janjinya tidak akan menerima gaji sebagai perdana menteri. Dia mengaku fokus mengembalikan kepercayaan rakyat kepada pemerintah.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Jumat (25/11/2022):

- Banjir Rendam Jeddah, Ruas Jalan Menuju Mekah Sempat Lumpuh

Banjir yang merendam kota Jeddah di Arab Saudi sempat memblokir ruas jalanan yang menghubungkan kota itu dengan kota suci Mekah. Sedikitnya dua orang dilaporkan tewas akibat banjir yang dipicu oleh curah hujan yang mencetak rekor tertinggi.

Seperti dilansir Arab News dan Middle East Eye, Jumat (25/11/2022), banjir yang melanda sejak Kamis (24/11) waktu setempat itu dilaporkan mengganggu lalu lintas dan merendam mobil-mobil di jalanan.

Banjir itu juga memicu penundaan penerbangan di Bandara Internasional King Abdulaziz, memaksa sekolah-sekolah diliburkan dan memblokir ruas jalan ke Mekah, kota tersuci dalam Islam.

- Anwar Ibrahim Akan Susun Kabinet Lebih Ramping dan Gaji Dipotong

Perdana Menteri (PM) Malaysia yang baru dilantik, Anwar Ibrahim akan meluncurkan Kabinet yang lebih ramping yang terdiri dari para menteri dengan gaji yang dikurangi.

Menurut Anwar, usulan penurunan gaji menteri dan pengurangan ukuran kabinet sedang dibahas.

"Ukuran Kabinet pasti akan lebih kecil dan saya meminta menteri-menteri baru untuk menyetujui proposal saya untuk mengurangi gaji mereka," ujarnya seperti dilansir media Malaysia, The Star, Jumat (25/11/2022).

- Kisah Pilu Wanita Muda Diperkosa Saat Dirawat di Rumah Sakit Paris

Seorang wanita muda diperkosa saat menjalani perawatan medis darurat di sebuah rumah sakit di Paris, Prancis. Pemerkosaan dilakukan oleh seorang pasien lainnya dan terjadi saat korban sedang tertidur di ruang perawatan.

Simak juga 'Tantangan Berat Anwar Ibrahim Pimpin Malaysia di Masa Sulit':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT