Banjir Rendam Jeddah, Ruas Jalan Menuju Mekah Sempat Lumpuh

ADVERTISEMENT

Banjir Rendam Jeddah, Ruas Jalan Menuju Mekah Sempat Lumpuh

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 25 Nov 2022 10:40 WIB
The flooding in Jeddah on Thursday Amer HILABI AFP
Banjir menerjang Jeddah di Arab Saudi, sejak Kamis (24/11) waktu setempat (Amer HILABI/AFP)
Jeddah -

Banjir yang merendam kota Jeddah di Arab Saudi sempat memblokir ruas jalanan yang menghubungkan kota itu dengan kota suci Mekah. Sedikitnya dua orang dilaporkan tewas akibat banjir yang dipicu oleh curah hujan yang mencetak rekor tertinggi.

Seperti dilansir Arab News dan Middle East Eye, Jumat (25/11/2022), banjir yang melanda sejak Kamis (24/11) waktu setempat itu dilaporkan mengganggu lalu lintas dan merendam mobil-mobil di jalanan.

Banjir itu juga memicu penundaan penerbangan di Bandara Internasional King Abdulaziz, memaksa sekolah-sekolah diliburkan dan memblokir ruas jalan ke Mekah, kota tersuci dalam Islam.

Kantor berita Saudi Press Agency (SPA) melaporkan secara terpisah bahwa ruas jalan yang menghubungkan Jeddah dan Mekah ditutup pada Kamis (24/11) waktu setempat begitu hujan mengguyur. Saat ini, sebut SPA, ruas jalanan itu telah kembali dibuka.

Saluran televisi Al-Ekhbariya menunjukkan tayangan para jemaah di Masjidil Haram, Mekah, yang mengelilingi Kakbah di bawah guyuran hujan lebat.

Jeddah merupakan kota berpenduduk 4 juta jiwa yang terletak dekat dengan Laut Merah dan kerap disebut sebagai 'gerbang ke Mekah', di mana jutaan orang menunaikan ibadah haji dan umrah setiap tahunnya.

Menurut Pusat Meteorologi Nasional Saudi, curah hujan di area selatan Jeddah pada Kamis (24/11) sekitar pukul 08.00 hingga pukul 14.00 waktu setempat, tercatat mencapai 179 milimeter. Angka itu tercatat sebagai curah hujan tertinggi yang pernah tercatat.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT