ADVERTISEMENT

Termasuk Potong Gaji Menteri, Ini 10 Hal Akan Dilakukan Anwar Ibrahim

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 25 Nov 2022 15:49 WIB
SELANGOR, MALAYSIA-24 NOVEMBER: Datuk Seri Anwar Ibrahim, speaks during the first official press conference after being elected as the 10th Prime Minister of Malaysia at Sg. Long Golf Club, in Selangor Malaysia on 24 November, 2022. (Photo by Syaiful Redzuan/Anadolu Agency via Getty Images)
PM Malaysia Anwar Ibrahim (dok. Syaiful Redzuan/Anadolu Agency/Getty Images)
Kuala Lumpur -

Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim membeberkan hal-hal yang akan menjadi prioritas dalam pemerintahannya. Beberapa prioritas yang ditekankan Anwar adalah soal pemulihan perekonomian Malaysia, mengatasi biaya hidup tinggi dampak pandemi virus Corona (COVID-19) dan pemberantasan korupsi.

Seperti dilansir Malay Mail dan The Star, Jumat (25/11/2022), Anwar mulai menjabat PM ke-10 Malaysia pada Jumat (25/11) pagi waktu setempat. Dia tiba di kantor PM yang disebut Perdana Putra di Putrajaya, sebelum pukul 10.00 waktu setempat. Dia kemudian menggelar konferensi pers pertamanya sebagai PM.

Dalam konferensi pers, Anwar menguraikan prioritas dan target-target sebagai PM Malaysia. Dia membahas prioritas memulihkan perekonomian Malaysia pasca pandemi Corona, membahas pembentukan pemerintahan baru yang diberi nama 'Persatuan Nasional', hingga mengakui tidak akan menerima gajinya sebagai PM.

Berikut beberapa hal yang disebut Anwar sebagai prioritas dan targetnya sebagai PM Malaysia:

1. Pemulihan Ekonomi Jadi Prioritas

Anwar mengungkapkan dalam konferensi pers bahwa prioritas utamanya adalah memulihkan perekonomian Malaysia. "Saya bersyukur bahwa hari ini dan sebelum ini, situasi dan kepercayaan investor telah berubah. Ringgit menguat dan pasar saham hidup kembali," ucapnya.

"Mari kita sekarang fokus pada perekonomian dan melakukan apa pun yang diperlukan untuk menghidupkan kembali (perekonomian) agar kesejahteraan rakyat, khususnya yang miskin dan terpinggirkan, akan terlindungi," cetus Anwar seperti dilansir Malay Mail.

2. Atasi Biaya Hidup yang Tinggi

Dalam upaya memulihkan ekonomi, Anwar menyebut bahwa menurunkan inflasi akan menjadi salah satu prioritas pemerintahannya nanti. Dia menuturkan keinginannya mengurangi beban rakyat yang dipicu oleh tingginya biaya hidup di Malaysia, terutama setelah pandemi Corona merajelala.

"Apa yang akan menjadi prioritas utama saya? Biaya hidup," ucap Anwar dalam konferensi di Perdana Putra pada Jumat (25/11) seperti dilansir Malay Mail.

Tingkat inflasi di Malaysia diketahui mencapai level yang mencetak rekor sepanjang tahun, terutama setelah Rusia menginvasi Ukraina, adanya pandemi Corona dan dampak pemanasan global yang mengganggu rantai pasokan global.

Dituturkan Anwar bahwa dirinya akan mulai menggelar rapat dengan lembaga dan departemen terkait untuk membahas hal ini, termasuk soal harga barang, pada Senin (28/11) mendatang.

"Bahkan jika ada sejumlah (pertanda) positif seperti Ringgit menguat dan peningkatan indeks saham yang menunjukkan kepercayaan pada pemerintahan baru, saya merasa prioritas harus terus diberikan kepada naiknya biaya hidup dan harga barang yang mengganggu dan membebani rakyat," cetusnya.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan Video 'Anwar Ibrahim: Setelah Puluhan Tahun Sengsara, Tuhan Beri Saya Kesempatan':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT