5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

ADVERTISEMENT

5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

Tim Detikcom - detikNews
Jumat, 11 Nov 2022 18:52 WIB
Sebuah pesawat penumpang milik maskapai Middle East Airlines (MEA) terkena peluru nyasar saat melakukan pendaratan di Beirut, Lebanon. Peluru itu memicu sebuah lubang pada salah satu bagian badan pesawat.
pesawat komersil terkena peluru nyasar di Beirut (Foto: Middle East Airlines/Handout via Reuters)
Jakarta -

Sebuah pesawat penumpang milik maskapai Middle East Airlines (MEA) terkena peluru nyasar saat melakukan pendaratan di Beirut, Lebanon. Peluru itu memicu sebuah lubang pada salah satu bagian badan pesawat.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (11/11/2022), Direktur MEA Mohamad El-Hout menuturkan tidak ada korban luka dalam insiden yang terjadi pada Kamis (10/11) waktu setempat. Pesawat yang terkena peluru nyasar itu diketahui mengudara dari Yordania menuju Beirut.

Insiden semacam ini disebut bukan hal baru di Lebanon. El-Hout mengatakan bahwa sedikitnya tujuh dari delapan pesawat yang sedang diparkir di bandara Beirut terkena peluru nyasar yang berasal dari area sekitar bandara setiap tahunnya.

Namun, insiden peluru nyasar pekan ini, sebut El-Hout, merupakan yang pertama kali terjadi saat pesawat masih bergerak.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Jumat (11/11/2022):


- Timor Leste Dapat Lampu Hijau untuk Gabung ASEAN

Para pemimpin Asia Tenggara pada hari Jumat (11/11) setuju untuk mengizinkan Timor Leste bergabung dengan blok regional ASEAN yang beranggotakan 10 negara. Demikian menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Kamboja selaku tuan rumah KTT ASEAN.

"Kami para pemimpin Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara... pada prinsipnya sepakat untuk mengakui Timor-Leste sebagai anggota ke-11 ASEAN," demikian pernyataan itu seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (11/11/2022).

Timor Leste adalah negara termuda di Asia Tenggara, setelah memperoleh kemerdekaan dari Indonesia pada tahun 2002.

Dalam KTT ASEAN di Phnom Penh, Kamboja, para pemimpin regional setuju untuk memberikan status pengamat ke Timor Leste dan hak untuk menghadiri pertemuan-pertemuan ASEAN dan sesi KTT.

- Taliban Larang Wanita Afghanistan Kunjungi Taman-Pasar Malam

Taliban yang berkuasa di Afghanistan melarang para wanita untuk mengunjungi taman publik dan pasar malam. Larangan itu diumumkan beberapa bulan setelah memberlakukan aturan pemisahan jenis kelamin di negara tersebut.

Seperti dilansir AFP, Jumat (11/11/2022), aturan terbaru yang diberlakukan di Afghanistan mulai pekan ini semakin membatasi aktivitas perempuan di tempat-tempat umum, setelah sebelumnya mereka dilarang bepergian tanpa pendamping laki-laki dan dipaksa mengenakan hijab atau burqa saat keluar rumah.

Sekolah untuk anak-anak perempuan juga ditutup selama lebih dari setahun di sebagian besar wilayah Afghanistan.

"Selama 15 bulan terakhir, kami mencoba yang terbaik untuk mengatur dan menyelesaikannya -- dan bahkan menentukan hari-harinya," ucap juru bicara Kementerian Pencegahan Kejahatan dan Promosi Kebaikan, Mohammad Akif Sadeq Mohajir.

- Diselidiki Atas Tragedi Itaewon, Polisi Korsel Ditemukan Tewas

Seorang polisi senior Korea Selatan (Korsel), yang tengah diselidiki atas tragedi Itaewon, ditemukan meninggal dunia di rumahnya. Kematian polisi senior berusia 55 tahun ini tengah diselidiki lebih lanjut oleh Kepolisian Korsel.

Simak Video 'Taliban Larang Wanita Pergi ke Taman hingga Gym':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT