Keanehan Biden Panggil-panggil Politikus Meninggal Jadi Pertanyaan

ADVERTISEMENT

Keanehan Biden Panggil-panggil Politikus Meninggal Jadi Pertanyaan

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 30 Sep 2022 20:36 WIB
U.S. President Joe Biden speaks to members of the media before boarding Marine One for travel to Maryland from the South Lawn of the White House in Washington, U.S., August 26, 2022. REUTERS/Leah Millis
Joe Biden (Foto: REUTERS/Leah Millis)
Washington DC -

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden melakukan tindakan aneh saat berpidato, yakni memanggil orang yang sudah meninggal. Tindakan Biden itu kemudian menimbulkan pertanyaan.

Dilansir Reuters dan AFP, Jumat (30/9/2022), momen tidak biasa itu terjadi ketika Biden menghadiri sebuah konferensi di Washington DC pekan ini. Biden sempat menyebut dan mencari-cari seorang politikus Partai Republik, Jackie Walorski, yang telah meninggal sejak Agustus silam di acara itu.

Walorski merupakan anggota parlemen AS. Dia meninggal dalam kecelakaan pada Agustus lalu. Biden mengira Walorski hadir di antara penonton.

Biden bahkan sempat mencari-cari dengan memanggil Walorski di tengah-tengah pidatonya pada sebuah konferensi yang membahas pangan dan kelaparan pada Kamis (29/9) waktu setempat. Walorski yang disebut-sebut Biden dalam pidatonya merupakan salah satu pencetus konferensi tersebut.

Walorski yang berasal dari Partai Republik dan anggota parlemen untuk negara bagian Indiana merupakan salah satu dari empat co-sponsor Kongres AS untuk rancangan Undang-Undang (RUU) tentang pendanaan untuk konferensi tersebut. Pada Agustus lalu, Walorski bersama dua stafnya meninggal dunia dalam kecelakaan mobil.

Biden saat itu juga merilis pernyataan yang menyatakan dirinya 'terkejut dan sedih'. Namun kini, Biden tiba-tiba memanggil nama Walorski saat mengucapkan terima kasih kepada para penyelenggara konferensi.

"Jackie, apakah Anda ada di sini? Di mana Jackie?" ucap Biden yang berusia 79 tahun ini.

Dalam momen itu, Biden memanggil nama Walorski sembari mencari-cari di kerumunan penonton. Biden kemudian melanjutkan pidatonya tanpa mengoreksi dirinya bahwa Walorski sudah meninggal.

"Saya pikir dia akan berada di sini," ujarnya.

Memicu Pertanyaan

Momen aneh itu kemudian memicu pertanyaan dari media. Gedung Putih menyatakan Biden hanya sedang memikirkan Walorski pada saat itu.

"Biden mengakui pekerjaannya (Walorski-red) yang luar biasa," ucap Sekretaris Pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre dalam penjelasannya soal momen aneh itu.

Lihat juga video 'Biden: AS Tak Akan Pernah Akui Klaim Rusia Atas Wilayah Ukraina':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT