Biden Panggil-panggil Politikus Meninggal, Gedung Putih Diminta Jelaskan

ADVERTISEMENT

Biden Panggil-panggil Politikus Meninggal, Gedung Putih Diminta Jelaskan

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 30 Sep 2022 11:08 WIB
President Joe Biden speaks about the mass shooting at Robb Elementary School in Uvalde, Texas, from the White House, in Washington, Tuesday, May 24, 2022, as first lady Jill Biden listens. (AP Photo/Manuel Balce Ceneta)
Presiden AS Joe Biden (dok. AP Photo/Manuel Balce Ceneta)
Washington DC -

Momen aneh Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memanggil-manggil nama politikus yang sudah meninggal dunia dalam sebuah konferensi di Washington DC memicu kritikan keras dari Partai Republik. Gedung Putih diminta untuk memberikan penjelasan yang layak atas insiden itu.

Seperti dilansir Fox News, Jumat (30/9/2022), Ketua Partai Republik untuk negara bagian Indiana, Kyle Hupfer, menegaskan publik berhak mendapatkan jawaban soal mengapa Biden bisa melupakan kematian Jackie Walorski, anggota DPR AS dari Partai Republik untuk wilayah Indiana.

Walorski bersama dua stafnya meninggal dunia dalam kecelakaan mobil pada Agustus lalu. Bahkan saat itu, Biden merilis pernyataan yang menyatakan dirinya dan istrinya, Jill, 'terkejut dan sedih' atas meninggalnya Walorski.

"Tidak ada dalih dari Gedung Putin yang bisa membenarkan Presiden Joe Biden melupakan kematian tragis Jackie Walorski -- kesalahan terbaru yang menimbulkan begitu banyak pertanyaan," ucap Hupfer.

"Rakyat Amerika berhak mendapatkan jawaban langsung, bukan poin pembicaraan politik, tentang bagaimana Presiden Amerika Serikat bisa melupakan bahwa seorang anggota Kongres yang coba dia beri penghormatan, telah meninggal dunia bulan lalu," tegasnya.

Momen aneh Biden itu terjadi ketika dia menghadiri Konferensi Gedung Putih soal Kelaparan, Nutrisi dan Kesehatan pada Kamis (29/9) waktu setempat. Walorski merupakan salah satu dari empat anggota parlemen AS yang mensponsori legislasi yang mengatur pendanaan konferensi itu tahun lalu.

"Saya ingin berterima kasih kepada Anda semua di sini, termasuk para pejabat terpilih bipartisan seperti ... Senator Braun, Senator Booker, anggota DPR ... Jackie, Jackie, apakah Anda ada di sini?" ucap Biden dalam pidatonya, yang lupa jika Jackie Walorski sudah meninggal.

"Saya pikir dia akan berada di sini untuk membantu mewujudkan ini," imbuh Presiden AS yang kini berusia 79 tahun.

Simak juga 'Biden: AS Tak Akan Pernah Akui Klaim Rusia Atas Wilayah Ukraina':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT