Taliban Bunuh 40 Petempur Oposisi di Lembah Panjshir

ADVERTISEMENT

Taliban Bunuh 40 Petempur Oposisi di Lembah Panjshir

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 14 Sep 2022 11:39 WIB
Sejumlah oasukan anti Taliban besutan Ahmad Massoud berlatih keras di lembah Panjshir, Afghanistan Senin (30/8/2021).
Ilustrasi -- Pasukan anti-Taliban berlatih di Lembah Panjshir (dok. AFP/AHMAD SAHEL ARMAN)
Kabul -

Taliban yang kini berkuasa di Afghanistan mengklaim para petempurnya telah menewaskan sedikitnya 40 petempur oposisi yang dipimpin anak mendiang komandan anti-Taliban. Hal itu terjadi dalam pertempuran terbaru di bagian utara Provinsi Panjshir, yang menjadi basis pasukan anti-Taliban.

Seperti dilansir AFP, Rabu (14/9/2022), Lembah Panjshir dikenal sebagai lokasi perlawanan Afghanistan terhadap pasukan Uni Soviet tahun 1980-an silam dan menjadi basis pasukan anti-Taliban selama kekuasaan pertama kelompok radikal itu tahun 1990-an.

Pasukan bernama Front Perlawanan Nasional (NRF) menjadi kelompok terakhir yang melawan pengambilalihan kekuasaan oleh Taliban atas Afghanistan pada Agustus tahun lalu, dengan menarik diri ke lembah.

Dipimpin oleh putra dari mendiang Ahmad Shah Massoud, pasukan NRF pada Mei lalu mengumumkan serangan terhadap Taliban -- serangan pertama mereka sejak Taliban kembali menguasai Afghanistan.

Sejumlah warga sipil melarikan diri ke lembah pada awal-awal pertempuran, namun ada jeda selama beberapa pekan terakhir. Menurut keterangan warga setempat dan pasukan anti-Taliban itu, pertempuran terbaru pecah di kawasan lembah dalam beberapa hari terakhir.

Juru bicara pemerintahan Taliban, Zabihullah Mujahid, menyebut ada 40 petempur NRF, termasuk tiga komandan, yang dibunuh oleh petempur Taliban.

"Operasi pembersihan dilakukan terhadap para pemberontak di distrik Rukha, Dara dan Abshar di Provinsi Panjshir," sebut Mujahid dalam pernyataan via Twitter, sembari menyebut sekitar 101 pemberontak lainnya telah ditangkap.

Namun tidak disebutkan lebih lanjut soal kapan para petempur NRF itu dibunuh.

Simak juga 'Taliban Rayakan Satu Tahun Kepergian AS dari Afghanistan':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT