ADVERTISEMENT

5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Senin, 05 Sep 2022 17:18 WIB
Penikaman massal di Kanada terjadi di lokasi sebuah komunitas. Penikaman tersebut menyebabkan 10 orang tewas dan 15 lainnya luka-luka.
2 tersangka penikaman massal di Kanada (Foto: Michael Bell/The Canadian Press via AP)
Jakarta -

Kepolisian Kanada tengah memburu dua tersangka yang mendalangi serangan penikaman brutal yang menewaskan 10 orang dan melukai 15 orang lainnya di sebuah komunitas pribumi setempat. Perdana Menteri (PM) Justin Trudeau mengecamnya sebagai serangan mengerikan.

Seperti dilansir Channel News Asia, Senin (5/9/2022), kepolisian setempat menyebut serangan penikaman yang dimulai pada Minggu (4/9) waktu setempat itu terjadi sebanyak 13 lokasi berbeda di Provinsi Saskatchewan, termasuk di James Smit Cree Nation dan desa Weldon.

James Smith Cree Nation merupakan komunitas adat dengan populasi sekitar 3.400 orang yang kebanyakan bertani, berburu dan mencari ikan. Sedangkan Weldon merupakan sebuah desa yang dihuni 200 orang.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Senin (5/9/2022):

- Pesawat Jatuh di Pantai AS, 1 Orang Tewas-9 Hilang

Sebuah pesawat kecil jatuh di area pantai negara bagian Washington, Amerika Serikat (AS). Sedikitnya satu orang tewas dan sembilan orang lainnya dilaporkan hilang, dengan upaya pencarian korban masih berlangsung.

Seperti dilansir AFP, Senin (5/9/2022), Penjaga Pantai AS menyatakan pihaknya menerima laporan soal pesawat jatuh pada Minggu (4/9) sore, sekitar pukul 15.11 waktu setempat dan mengerahkan sejumlah helikopter juga beberapa kapal untuk memeriksa lokasi.

Para petugas pencarian dan penyelamatan (SAR) juga dikerahkan ke lokasi kejadian. Penyebab jatuhnya pesawat itu belum diketahui secara jelas.

- NATO Perkuat Sayap Timur, Jerman Kirim Tentara ke Lithuania

Sekitar 100 tentara Jerman mulai berdatangan ke Lithuania, setelah Berlin berjanji meningkatkan kehadiran militer di sayap timur aliansi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) menyusul invasi Rusia ke Ukraina.

Seperti dilansir AFP, Senin (5/9/2022), tentara-tentara Jerman itu tiba dengan kapal di kota pelabuhan Klaipeda, Lithuania, pada Minggu (4/9) waktu setempat. Tentara Jerman itu akan bergabung dengan unit komando dalam sebuah brigade baru, sebuah kelompok yang biasanya beranggotakan 4.000 tentara.

"Pesan kami kepada sekutu-sekutu kami di sini, di sayap timur, adalah kami berkomitmen untuk memastikan keamanan," ucap komandan brigade tentara Jerman itu, Christian Nawrat, dalam pernyataannya.

Ditambahkan Nawrat bahwa unit komando itu akan tinggal secara permanen di Lithuania, dengan sejumlah unit tempur lainnya akan bergabung dengan mereka untuk latihan bersama.

- Paus Fransiskus Bicara Soal Pelecehan Seks Pastor: Tak Ada Toleransi!

Paus Fransiskus menegaskan bahwa Gereja Katolik harus menunjukkan "toleransi nol" terhadap serangan seksual yang dilakukan para pastor. Hal ini disampaikan Paus Fransiskus dalam wawancara dengan saluran televisi Portugis yang disiarkan pada Minggu (4/9) waktu setempat.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT