ADVERTISEMENT

Akhir Mengenaskan Komandan Taliban yang Lakukan Pemberontakan

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 19 Agu 2022 07:20 WIB
Bom meledak di sekolah yang berada di lingkungan Syiah di Kabul, Afghanistan. Sedikitnya 6 orang tewas dan 11 lainnya terluka akibat dua ledakan bom di sekolah.
Ilustrasi Taliban (Foto: AP Photo/Ebrahim Noroozi)
Jakarta -

Aksi seorang komandan Taliban yang melakukan pemberontakan berakhir mengenaskan. Komandan Taliban dari komunitas Syiah Hazara di Afghanistan yang memberontak dilaporkan tewas saat berupaya kabur ke Iran.

Komandan ini diketahui dalam pelarian usai memberontak dari kepemimpinan Taliban beberapa bulan lalu.

Dilansir AFP, Kamis (18/8/2022), Mahdi Mujahid memberontak dan pecah kongsi dengan kepemimpinan Taliban pada Juni lalu. Perpecahan itu menjadi perpecahan dengan profil tertinggi yang terlihat dalam kelompok garis keras yang kembali menguasai Afghanistan sejak Agustus tahun lalu.

Mujahid sebelumnya ditunjuk menjabat kepala intelijen Provinsi Bamiyan. Beberapa bulan kemudian, dia dicopot dari jabatannya.

Pencopotan ini dilakukan setelah terjadi cekcok yang dikaitkan oleh media lokal dengan kendali atas perdagangan batu bara yang menguntungkan.

Mujahid kemudian melarikan diri pada Juni setelah Taliban mengirimkan ribuan petempurnya untuk memberantas para loyalisnya.

Lihat juga video 'Al-Zawahiri Tewas di Kabul, Politisi AS Duga Al-Qaeda Bangkit di Afghanistan':

[Gambas:Video 20detik]



Simak halaman selanjutnya

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT