5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

ADVERTISEMENT

5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 18 Agu 2022 19:26 WIB
A rescuer stands next to a residential building hit by a Russian military strike, as Russias attack on Ukraine continues, in Mykolaiv, Ukraine June 29, 2022. Press service of the State Emergency Service of Ukraine/Handout via REUTERS
Ilustrasi -- Dampak keancuran di Ukraina akibat gempuran Rusia (dok. Press service of the State Emergency Service of Ukraine/Handout via REUTERS)

- Penasihat Zelensky Serukan Jembatan Crimea yang Dibangun Rusia Dibongkar

Seorang pejabat senior Ukraina menyerukan agar jembatan utama yang menghubungkan wilayah Crimea yang dicaplok Moskow dengan daratan utama Rusia untuk dibongkar. Seruan ini dilontarkan setelah rentetan ledakan mengguncang fasilitas militer Rusia di Crimea beberapa waktu terakhir.

Seperti dilansir AFP, Kamis (18/8/2022), jembatan sepanjang 19 kilometer yang diresmikan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin tahun 2018 lalu itu menjadi koridor darat militer dan sipil yang penting bagi Rusia untuk menuju Semenanjung Crimea, yang dicaplok Moskow dari Kiev tahun 2014 lalu.

"Jembatan itu objek yang ilegal," cetus penasihat kepresidenan Ukraina, Mykhaylo Podolyak, dalam pernyataan via media sosial.

- Rusia Copot Komandan Armada Laut Hitam Usai Ledakan Guncang Crimea

Rusia mencopot komandan Armada Laut Hitam yang berbasis di Crimea setelah rentetan ledakan mengguncang beberapa waktu terakhir. Semenanjung Crimea yang dicaplok Moskow dari Ukraina tahun 2014 lalu itu sebelumnya dipandang sebagai pangkalan militer yang aman bagi Rusia.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (18/8/2022), Moskow menyalahkan penyabotase untuk ledakan-ledakan yang mengguncang depot amunisinya di Crimea bagian utara pada Selasa (16/8) waktu setempat. Saat itu, kepulan asap terlihat menjulang ke udara dari pangkalan militer kedua Rusia di Crimea bagian tengah.

Ukraina tidak secara resmi mengklaim bertanggung jawab atas ledakan itu, namun telah mengisyaratkannya. Kemampuan Ukraina untuk menyerang lebih dalam hingga ke wilayah yang diduduki Rusia, baik dengan sejumlah senjata atau dengan sabotase, mengindikasikan pergeseran dalam konflik ini.

- Taiwan Pamerkan Jet Tempur Paling Canggih Usai China Latihan Militer

Taiwan memamerkan jet tempurnya yang paling canggih, F-16V, yang dilengkapi rudal setelah China menggelar latihan militer besar-besaran di sekitar wilayahnya. Enam jet tempur F-16V milik Taiwan itu secara langka mengudara pada malam hari dalam misi pengintaian dan pelatihan.

Seperti dilansir AFP, Kamis (18/8/2022), Beijing menggelar latihan militer di udara dan lautan di Selat Taiwan selama berhari-hari pada bulan ini, untuk merespons kunjungan kontroversial Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke Taipei.

Taiwan pun menggelar latihan pertahanan sebagai simulasi menghadapi invasi militer China untuk menanggapi hal itu.

Pada Rabu (17/8) waktu setempat, personel Angkatan Udara Taiwan memasukkan rudal antikapal buatan AS ke dalam salah satu jet tempur F-16V miliknya yang mengikuti latihan 'kesiapan tempur' di sebuah pangkalan di distrik Hualien.


(nvc/nvc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT