ADVERTISEMENT

Rusia Copot Komandan Armada Laut Hitam Usai Ledakan Guncang Crimea

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 18 Agu 2022 16:13 WIB
Smoke rises over the site of explosion at an ammunition storage of Russian army near the village of Mayskoye, Crimea, Tuesday, Aug. 16, 2022. Explosions and fires ripped through an ammunition depot in Russian-occupied Crimea on Tuesday in the second suspected Ukrainian attack on the peninsula in just over a week, forcing the evacuation of more than 3,000 people. (AP Photo)
Kepulan asap menjulang ke udara saat rentetan ledakan mengguncang depot amunisi Rusia di desa Mayskoye, Crimea pada Selasa (16/8) waktu setempat (dok. AP Photo)
Moskow -

Rusia mencopot komandan Armada Laut Hitam yang berbasis di Crimea setelah rentetan ledakan mengguncang beberapa waktu terakhir. Semenanjung Crimea yang dicaplok Moskow dari Ukraina tahun 2014 lalu itu sebelumnya dipandang sebagai pangkalan militer yang aman bagi Rusia.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (18/8/2022), Moskow menyalahkan penyabotase untuk ledakan-ledakan yang mengguncang depot amunisinya di Crimea bagian utara pada Selasa (16/8) waktu setempat. Saat itu, kepulan asap terlihat menjulang ke udara dari pangkalan militer kedua Rusia di Crimea bagian tengah.

Ukraina tidak secara resmi mengklaim bertanggung jawab atas ledakan itu, namun telah mengisyaratkannya. Kemampuan Ukraina untuk menyerang lebih dalam hingga ke wilayah yang diduduki Rusia, baik dengan sejumlah senjata atau dengan sabotase, mengindikasikan pergeseran dalam konflik ini.

Pekan lalu, rentetan ledakan menghancurkan beberapa pesawat tempur di pangkalan udara Rusia yang ada di Crimea.

Laporan kantor berita Rusia, RIA, pada Rabu (17/8) waktu setempat, dengan mengutip sejumlah sumber menyebut Komandan Armada Laut Hitam, Igor Osipov, telah dicopot dan diganti dengan yang baru, yakni Viktor Sokolov.

Jika laporan itu terkonfirmasi, maka langkah itu menandai salah satu pencopotan pejabat militer Rusia yang paling menonjol sejauh ini, dalam perang di mana Moskow menderita kerugian besar baik dalam pasukan maupun peralatan militer.

Sumber-sumber yang dikutip kantor berita RIA menyebut komandan baru itu telah diperkenalkan kepada anggota dewan militer Armada Laut Hitam di pelabuhan Sevastopol, Crimea.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT