ADVERTISEMENT

China Akan Kirim Tentara ke Rusia, Untuk Apa?

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 18 Agu 2022 11:46 WIB
Soldiers of Peoples Liberation Army (PLA) march in formation during the military parade marking the 70th founding anniversary of Peoples Republic of China, on its National Day in Beijing, China October 1, 2019.  REUTERS/Thomas Peter
Ilustrasi tentara China (Dok. REUTERS/Thomas Peter)
Beijing -

Tentara-tentara China akan dikirimkan ke wilayah Rusia pada bulan ini. Tentara China itu akan ikut berpartisipasi dalam latihan militer gabungan dengan militer Rusia, juga militer-militer dari beberapa negara lainnya.

Seperti dilansir AFP, Kamis (18/8/2022), China dan Rusia memiliki hubungan pertahanan yang erat, dengan Beijing menyatakan ingin mendorong hubungan bilateral kedua negara ke level yang lebih tinggi, bahkan ketika Moskow menghadapi rentetan sanksi internasional dan kecaman luas atas invasinya ke Ukraina.

Kementerian Pertahanan China dalam pernyataan pada Rabu (17/8) waktu setempat menyebut tentara-tentara Beijing akan bepergian ke Rusia untuk berpartisipasi dalam latihan gabungan 'Vostok' yang digelar secara tahunan.

Disebutkan Kementerian Pertahanan China bahwa latihan gabungan itu merupakan bagian dari kerja sama bilateral dengan Rusia. Tidak disebut lebih lanjut jumlah tentara China yang akan dikirimkan ke China.

Rusia secara terpisah menyebut latihan militer gabungan itu akan digelar mulai 30 Agustus hingga 5 September mendatang.

"Tujuannya adalah untuk memperdalam kerja sama praktis dan bersahabat dengan tentara dari negara-negara yang berpartisipasi, meningkatkan tingkat kolaborasi strategis di antara pihak-pihak yang berpartisipasi, dan memperkuat kemampuan untuk menghadapi berbagai ancaman keamanan," jelas Kementerian Pertahanan China dalam pernyataannya.

India, Belarusia, Mongolia, Tajikistan dan beberapa negara lainnya juga akan berpartisipasi dalam latihan gabungan itu.

Simak video 'Rusia Serang Kharkiv Ukraina, Zelensky: Kami Akan Membalasnya!':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT