5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

ADVERTISEMENT

5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 18 Agu 2022 19:26 WIB
A rescuer stands next to a residential building hit by a Russian military strike, as Russias attack on Ukraine continues, in Mykolaiv, Ukraine June 29, 2022. Press service of the State Emergency Service of Ukraine/Handout via REUTERS
Ilustrasi -- Dampak keancuran di Ukraina akibat gempuran Rusia (dok. Press service of the State Emergency Service of Ukraine/Handout via REUTERS)
Jakarta -

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berjanji akan membalas gempuran pasukan Rusia yang menewaskan enam orang di Kharkiv. China akan mengirimkan tentaranya ke wilayah Rusia untuk mengikuti latihan militer gabungan.

Zelensky menyebut gempuran Rusia yang juga melukai 16 orang lainnya itu 'keji dan sinis'. Dia menyebut serangan semacam itu 'tidak memiliki pembenaran dan menunjukkan ketidakberdayaan penyerangnya'.

Sementara Kementerian Pertahanan China menyebut latihan gabungan dengan Rusia itu merupakan bagian dari kerja sama bilateral dengan Moskow. India, Belarusia, Mongolia, Tajikistan dan beberapa negara lainnya juga akan berpartisipasi dalam latihan gabungan itu.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Kamis (18/8/2022):

- Gempuran Rusia Renggut 6 Orang di Kharkiv, Zelensky: Kami Akan Balas!

Korban tewas akibat gempuran pasukan Rusia di wilayah Kharkiv, Ukraina, bertambah menjadi enam orang. Presiden Volodymyr Zelensky mengutuk serangan Moskow itu dan berjanji akan membalasnya.

Seperti dilansir AFP, Kamis (18/8/2022), Zelensky menyebut gempuran Rusia yang juga melukai 16 orang lainnya itu 'keji dan sinis'. Sebuah blok apartemen, sebut Zelensky, 'hancur total' akibat gempuran yang terjadi pada Rabu (17/8) waktu setempat itu.

Dia menyebut serangan semacam itu 'tidak memiliki pembenaran dan menunjukkan ketidakberdayaan penyerangnya'.

- China Akan Kirim Tentara ke Rusia, Untuk Apa?

Tentara-tentara China akan dikirimkan ke wilayah Rusia pada bulan ini. Tentara China itu akan ikut berpartisipasi dalam latihan militer gabungan dengan militer Rusia, juga militer-militer dari beberapa negara lainnya.

Seperti dilansir AFP, Kamis (18/8/2022), China dan Rusia memiliki hubungan pertahanan yang erat, dengan Beijing menyatakan ingin mendorong hubungan bilateral kedua negara ke level yang lebih tinggi, bahkan ketika Moskow menghadapi rentetan sanksi internasional dan kecaman luas atas invasinya ke Ukraina.

Kementerian Pertahanan China dalam pernyataan pada Rabu (17/8) waktu setempat menyebut tentara-tentara Beijing akan bepergian ke Rusia untuk berpartisipasi dalam latihan gabungan 'Vostok' yang digelar secara tahunan.

Simak Video 'Rusia Serang Kharkiv Ukraina, Zelensky: Kami Akan Membalasnya!':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT