ADVERTISEMENT

5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 17 Agu 2022 18:31 WIB
FILE - In this Sept. 25, 2015, file photo, a military honor guard await the arrival of Chinese President Xi Jinping for a state arrival ceremony at the White House in Washington. China on Tuesday, Dec. 8, 2020, lashed out at the U.S. over new sanctions against Chinese officials and the sale of more military equipment to Taiwan. (AP Photo/Andrew Harnik, File)
Ilustrasi (Foto: AP Photo/Andrew Harnik, File)
Jakarta -

China kembali melontarkan peringatan keras kepada Amerika Serikat usai kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan yang memicu kemarahan Beijing.

Dilansir dari kantor berita Reuters, Rabu (17/8/2022), Duta Besar (Dubes) China untuk AS, Qin Gang mengatakan, kunjungan Pelosi tersebut telah mengobarkan ketegangan regional, dan pemerintahan Presiden Joe Biden tidak boleh meremehkan tekad China dalam masalah ini.

Qin menolak argumen pejabat-pejabat AS bahwa Ketua DPR tersebut bertindak secara independen, terlepas dari Gedung Putih atau bahwa pemerintah AS tidak memiliki kendali atas agenda Ketua DPR yang mengunjungi Taiwan pada awal Agustus lalu. Qin mengatakan bahwa perjalanan Pelosi dan anggota Kongres lainnya telah melanggar perjanjian AS-China yang ada.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Rabu (17/8/2022):

- Heboh Telepon Misterius dari Kebun Binatang, Ternyata Ulah Monyet!

Polisi California, Amerika Serikat bergegas ke sebuah kebun binatang setelah menerima panggilan darurat 911. Namun, setibanya di lokasi tak ada keadaan darurat yang ditemui karena panggilan telepon itu ternyata dilakukan oleh... seekor monyet iseng!

Dilansir dari kantor berita AFP, Rabu (17/8/2022), petugas 911 mengirim petugas polisi pada Sabtu (13/8) malam waktu setempat untuk menyelidiki kemungkinan keadaan darurat setelah menerima panggilan telepon yang terputus.

Deputi Sheriff di San Luis Obispo County melacak panggilan telepon tersebut ke kantor Zoo to You, sebuah taman konservasi 200 mil (320 kilometer) utara Los Angeles. Namun, polisi tidak menemukan adanya orang yang dalam kesulitan.

Para polisi pun tak menyerah. Mereka bertekad untuk menyelidiki panggilan telepon misterius ini.

- Korea Utara Tembakkan Dua Rudal Jelajah!

Korea Utara (Korut) menembakkan dua rudal jelajah pada Rabu (17/8/2022). Hal tersebut disampaikan Kementerian Pertahanan Korea Selatan (Korsel).

Dilansir dari kantor berita AFP, Rabu (17/8/2022), peluncuran rudal jelajah ini mengakhiri jeda selama sebulan dalam serangkaian uji coba senjata Pyongyang yang memecahkan rekor tahun ini.

"Pagi ini, kami mendeteksi bahwa Korea Utara menembakkan dua rudal jelajah ke Laut Barat dari Onchon, provinsi Pyongan Selatan," kata seorang pejabat Kementerian Pertahanan Korsel kepada AFP.

- Kanselir Jerman Geram dengan Komentar Presiden Palestina soal Holocaust

Kanselir Jerman Olaf Scholz geram atas pernyataan Presiden Palestina Mahmud Abbas tentang Holocaust. Apalagi hal itu disampaikan Abbas dalam kunjungan ke Berlin, Jerman.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT