ADVERTISEMENT

Rentetan Ledakan dan Pembakaran Terjadi di Thailand Selatan

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 17 Agu 2022 18:16 WIB
Ilustrasi Kebakaran. Andhika Akbarayansyah/detikcom.
ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Serangkaian aksi pembakaran dan ledakan terjadi di lebih dari selusin lokasi di wilayah Thailand selatan yang bergolak. Sedikitnya tujuh orang terluka dalam rentetan insiden tersebut.

Dilansir dari kantor berita AFP, Rabu (17/8/2022), para pejabat mengatakan sebagian besar lokasi yang menjadi target serangan itu adalah toko-toko serba ada di pom bensin, semuanya terletak di provinsi Pattani, Yala dan Narathiwat.

Konflik-konflik tingkat rendah telah terjadi di provinsi-provinsi paling selatan Thailand sejak 2004, ketika para gerilyawan di wilayah mayoritas Muslim itu berjuang untuk mendapatkan otonomi yang lebih besar. Menurut Deep South Watch, sebuah think tank lokal, lebih dari 7.000 orang telah tewas dan 13.500 lainnya terluka dalam konflik sejak Januari 2004 tersebut.

Menurut pernyataan dari militer Thailand, tujuh orang terluka ringan dalam rentetan insiden itu. Sementara polisi mengatakan mereka sedang mengumpulkan rekaman CCTV dan bukti lainnya.

Pihak berwenang mengatakan motif dari gelombang serangan itu masih belum jelas. Para militan biasanya menargetkan simbol-simbol negara Thailand dan pasukan keamanannya.

Wilayah Thailand selatan - dijaga ketat oleh pasukan keamanan Thailand - secara budaya berbeda dari Thailand yang mayoritas beragama Buddha.

Lihat juga video 'Horor Kebakaran di Klub Malam Thailand, 13 Orang Tewas':

[Gambas:Video 20detik]



(ita/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT