China Ingatkan AS soal Taiwan: Jangan Remehkan Kemampuan Kami!

ADVERTISEMENT

China Ingatkan AS soal Taiwan: Jangan Remehkan Kemampuan Kami!

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 17 Agu 2022 13:32 WIB
FILE - In this Sept. 25, 2015, file photo, a military honor guard await the arrival of Chinese President Xi Jinping for a state arrival ceremony at the White House in Washington. China on Tuesday, Dec. 8, 2020, lashed out at the U.S. over new sanctions against Chinese officials and the sale of more military equipment to Taiwan. (AP Photo/Andrew Harnik, File)
ilustrasi (Foto: AP Photo/Andrew Harnik, File)

"Kongres adalah bagian dari pemerintah AS - ini bukan cabang independen yang tidak terkendali," lanjut Qin. "Kongres berkewajiban untuk mematuhi kebijakan luar negeri Amerika Serikat. Itu sebabnya kami merasa sangat frustrasi dan tidak puas dengan kunjungan Senator Markey ke Taiwan. Ini provokatif, tidak membantu," cetusnya.

Pejabat-pejabat senior AS secara terbuka menyebut bahwa perjalanan Pelosi hanyalah bagian dari serangkaian kunjungan kongres reguler ke pulau itu dan bahwa reaksi militer China - menembakkan rudal ke Taiwan dan melakukan latihan Angkatan Laut di lepas pantainya - tidak bertanggung jawab.

Namun, Qin mengatakan China telah memperingatkan AS bahwa kunjungan Pelosi akan memiliki "konsekuensi yang sangat serius." Dia mengatakan bahwa respons China proporsional dan latihan militer itu "terbuka, transparan, dan profesional."


(ita/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT