5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

ADVERTISEMENT

5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Senin, 15 Agu 2022 18:28 WIB
Taiwans Foreign Ministry Department of North American Affairs Director-General Douglas Hsu welcomes U.S. Representatives Alan Lowenthal, John Garamendi, Don Beyer and Aumua Amata Coleman Radewagen at Taipei Songshan Airport in Taipei, Taiwan in this handout image released August 14, 2022. Taiwan Ministry of Foreign Affairs/Handout via REUTERS
Anggota Kongres AS disambut pejabat Departemen Luar Negeri Taiwan saat melakukan kunjungan ke Taipei (Taiwan Ministry of Foreign Affairs/Handout via REUTERS)

- China-Thailand Gelar Latihan Gabungan Angkatan Udara

China dan Thailand menggelar latihan gabungan Angkatan Udara sejak Minggu (14/8) waktu setempat. Latihan gabungan semacam ini menjadi yang pertama digelar dalam beberapa tahun terakhir setelah terhenti akibat pandemi virus Corona (COVID-19).

Seperti dilansir AFP, Senin (15/8/2022), latihan gabungan bernama 'Falcon Strike' ini berlangsung setelah China menggelar latihan militer besar-besaran di sekitar wilayah Taiwan, untuk merespons kunjungan kontroversial Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke Taipei awal bulan ini.

Kepala Angkatan Udara Thailand, Marsekal Prapas Sornchaidee, menyebut 'Falcon Strike' akan digelar mulai 14 Agustus hingga 25 Agustus di wilayah timur laut Thailand.

- Iran Sangkal Terlibat Penikaman Novelis Salman Rushdie

Otoritas Iran dengan tegas membantah terlibat dalam penikaman novelis 'Ayat-ayat Setan' Salman Rushdie di New York, Amerika Serikat (AS). Iran justru menyalahkan Rushdie sendiri sebagai penyebab serangan brutal itu.

Seperti dilansir Associated Press dan AFP, Senin (15/8/2022), bantahan itu disampaikan oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kanaani sekitar dua hari setelah Rushdie diserang di atas panggung saat menghadiri sebuah acara di New York, yang menjadi tempat tinggalnya selama beberapa tahun terakhir.

"Kami dengan tegas membantah (dugaan keterkaitan apapun dengan penyerangan itu)," tegas Kanaani dalam pernyataannya pada Senin (15/8).

- Anggota Kongres AS Kunjungi Taiwan, China Gelar Latihan Militer Terbaru

China menggelar latihan militer terbaru di sekitar wilayah Taiwan awal pekan ini. Latihan militer terbaru ini digelar saat delegasi anggota Kongres Amerika Serikat (AS) berkunjung ke Taiwan, menyusul kunjungan serupa oleh Ketua DPR AS Nancy Pelosi awal bulan ini yang memicu kemarahan Beijing.

Seperti dilansir AFP, Senin (15/8/2022), kunjungan selama dua hari ke Taiwan yang tidak diumumkan ke media itu dipimpin oleh Senator Massachusetts Ed Markey, yang didampingi empat anggota parlemen AS lainnya. Pada Senin (15/8) ini, delegasi anggota Kongres AS itu bertemu Presiden Tsai Ing-wen di Taipei.

Kunjungan dan pertemuan dengan Presiden Tsai itu dilakukan setelah aktivitas serupa oleh Pelosi mendorong Beijing mengerahkan kapal-kapal perang, jet tempur dan bahkan menembakkan sejumlah rudal ke lautan dalam latihan militer besar-besaran di sekitar Taiwan sebagai respons.

Respons keras juga diberikan China terhadap kunjungan delegasi Kongres AS itu, dengan militer China menyatakan telah melakukan 'patroli kesiapan tempur dan latihan tempur di lautan dan wilayah udara sekitar Pulau Taiwan' pada Senin (15/8) waktu setempat.


(nvc/nvc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT