ADVERTISEMENT

Anggota Kongres AS Kunjungi Taiwan Saat Bersitegang dengan China

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 15 Agu 2022 10:27 WIB
Taiwans Foreign Ministry Department of North American Affairs Director-General Douglas Hsu welcomes U.S. Representatives Alan Lowenthal, John Garamendi, Don Beyer and Aumua Amata Coleman Radewagen at Taipei Songshan Airport in Taipei, Taiwan in this handout image released August 14, 2022. Taiwan Ministry of Foreign Affairs/Handout via REUTERS
Anggota Kongres AS disambut pejabat Departemen Luar Negeri Taiwan saat melakukan kunjungan mendadak ke Taipei (Taiwan Ministry of Foreign Affairs/Handout via REUTERS)
Taipei -

Delegasi anggota Kongres Amerika Serikat (AS) melakukan kunjungan mendadak ke Taiwan. Kunjungan ini dilakukan di tengah ketegangan yang meningkat dengan China usai Ketua DPR AS Nancy Pelosi melakukan kunjungan kontroversial ke Taipei awal bulan ini.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Senin (15/8/2022), delegasi yang terdiri atas lima anggota Kongres AS itu dipimpin oleh Senator Massachusetts Ed Markey tiba di Taiwan pada Minggu (14/8) waktu setempat. Kunjungan ini adalah kunjungan mendadak yang dilakukan setelah Pelosi memancing kemarahan Beijing dengan kunjungan serupa.

Selama berada di Taiwan, rombongan anggota Kongres AS itu akan bertemu Presiden Tsai Ing-wen dan menghadiri jamuan makan yang digelar Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu. Kantor kepresidenan Taiwan secara terpisah menyebut delegasi Kongres AS itu akan bertemu Presiden Tsai pada Senin (15/8) pagi.

"Khususnya pada masa-masa ketika China menaikkan ketegangan di Selat Taiwan dan kawasan sekitarnya dengan latihan militer, Markey memimpin delegasi yang berkunjung ke Taiwan sekali lagi menunjukkan dukungan teguh Kongres Amerika Serikat untuk Taiwan," demikian pernyataan kantor kepresidenan Taiwan.

Ditambahkan oleh Institut Amerika di Taiwan bahwa delegasi Kongres AS itu akan membahas 'hubungan AS-Taiwan, keamanan regional, perdagangan dan investasi, rantai pasokan global, perubahan iklim dan isu-isu signifikan lainnya yang menjadi kepentingan bersama'.

China memberikan respons bernada marah atas kunjungan delegasi Kongres AS ini, dengan kantor berita Xinhua menerbitkan artikel yang menyebut para anggota parlemen AS itu 'oportunis' yang hanya memikirkan kepentingan politik mereka menjelang pemilu sela pada November mendatang.

"Para politikus AS yang bermain dengan api soal pertanyaan Taiwan harus membuang angan-angan mereka. Tidak ada ruang untuk kompromi atau konsesi ketika menyangkut kepentingan inti China," sebut Xinhua.

Simak juga video 'Militer AS-Indonesia Latihan Bersama, Cegah Perang China-Taiwan?':

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/zap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT