5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

ADVERTISEMENT

5 Berita Terpopuler Internasional Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Senin, 15 Agu 2022 18:28 WIB
Taiwans Foreign Ministry Department of North American Affairs Director-General Douglas Hsu welcomes U.S. Representatives Alan Lowenthal, John Garamendi, Don Beyer and Aumua Amata Coleman Radewagen at Taipei Songshan Airport in Taipei, Taiwan in this handout image released August 14, 2022. Taiwan Ministry of Foreign Affairs/Handout via REUTERS
Anggota Kongres AS disambut pejabat Departemen Luar Negeri Taiwan saat melakukan kunjungan ke Taipei (Taiwan Ministry of Foreign Affairs/Handout via REUTERS)
Jakarta -

Delegasi anggota Kongres Amerika Serikat (AS) berkunjung ke Taiwan di tengah ketegangan yang meningkat dengan China. Sebagai respons, Beijing pun menggelar latihan militer terbaru di sekitar wilayah Taiwan.

Selama berada di Taiwan, rombongan anggota Kongres AS itu akan bertemu Presiden Tsai Ing-wen dan menghadiri jamuan makan yang digelar Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu.

Sementara China memberikan respons keras terhadap kunjungan delegasi Kongres AS itu, dengan menyatakan militernya telah melakukan 'patroli kesiapan tempur dan latihan tempur di lautan dan wilayah udara sekitar Pulau Taiwan' pada Senin (15/8) waktu setempat.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Senin (15/8/2022):

- Anggota Kongres AS Kunjungi Taiwan Saat Bersitegang dengan China

Delegasi anggota Kongres Amerika Serikat (AS) melakukan kunjungan mendadak ke Taiwan. Kunjungan ini dilakukan di tengah ketegangan yang meningkat dengan China usai Ketua DPR AS Nancy Pelosi melakukan kunjungan kontroversial ke Taipei awal bulan ini.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Senin (15/8/2022), delegasi yang terdiri atas lima anggota Kongres AS itu dipimpin oleh Senator Massachusetts Ed Markey tiba di Taiwan pada Minggu (14/8) waktu setempat. Kunjungan ini adalah kunjungan mendadak yang dilakukan setelah Pelosi memancing kemarahan Beijing dengan kunjungan serupa.

Selama berada di Taiwan, rombongan anggota Kongres AS itu akan bertemu Presiden Tsai Ing-wen dan menghadiri jamuan makan yang digelar Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu. Kantor kepresidenan Taiwan secara terpisah menyebut delegasi Kongres AS itu akan bertemu Presiden Tsai pada Senin (15/8) pagi.

- Surati Kim Jong-Un, Putin Ingin Perluas Hubungan Bilateral Rusia-Korut

Presiden Rusia Vladimir Putin mengirimkan surat kepada pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un yang isinya menyatakan keinginan memperluas hubungan bilateral kedua negara.

Seperti dilansir Reuters, Senin (15/8/2022), surat Putin itu dikirimkan kepada Kim Jong-Un dalam rangka Hari Pembebasan Korea yang jatuh tanggal 15 Agustus.

"Memperluas hubungan bilateral yang komprehensif dan konstruktif dengan upaya bersama," tulis Putin dalam suratnya kepada Kim Jong-Un seperti dilaporkan kantor berita resmi Korut, Korean Central News Agency (KCNA).

Simak juga 'Militer AS-Indonesia Latihan Bersama, Cegah Perang China-Taiwan?':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT