ADVERTISEMENT

Tegang! AS Kerahkan 4 Kapal Perang Dekat Taiwan Jelang Kunjungan Pelosi

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 02 Agu 2022 16:14 WIB
FILE - Speaker of the House Nancy Pelosi, D-Calif., speaks during a news conference Friday, July 29, 2022, at the Capitol in Washington. Pelosi arrived in Singapore early Monday, kicking off her Asian tour as questions swirled over a possible stop in Taiwan that has fueled tension with Beijing. (AP Photo/J. Scott Applewhite, File)
Ketua DPR AS Nancy Pelosi (AP Photo/J. Scott Applewhite, File)
Washington DC -

Situasi semakin memanas menjelang kunjungan Ketua House of Representatives atau DPR Amerika Serikat (AS), Nancy Pelosi, ke Taiwan dalam kunjungan yang memicu peringatan keras China. Sedikitnya empat kapal perang AS, termasuk satu kapal induk, diposisikan di perairan sebelah timur wilayah Taiwan.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (2/8/2022), seorang pejabat Angkatan Laut AS yang enggan disebut namanya menuturkan kepada Reuters bahwa penempatan itu merupakan pengerahan 'rutin'. Namun momen pengerahan yang berdekatan dengan rencana kunjungan Pelosi ke Taiwan menjadi perhatian besar.

Dituturkan pejabat Angkatan Laut AS itu bahwa kapal induk AS, USS Ronald Reagan, sempat melakukan transit di perairan Laut China Selatan dan saat ini tengah berlayar di Laut Filipina, sebelah timur Taiwan dan Filipina, juga di sebelah selatan Jepang.

USS Ronald Reagan yang berbasis di Jepang ini beroperasi dengan sebuah kapal penjelajah peluru kendali, USS Antietam, dan sebuah kapal penghancur, USS Higgins.

"Meskipun kapal-kapal itu bisa merespons kemungkinan apapun, ini merupakan pengerahan rutin yang wajar," sebut pejabat Angkatan Laut AS itu.

Ditambahkan pejabat Angkatan Laut AS itu bahwa dirinya tidak bisa mengomentari lokasi tepat kapal-kapal perang AS itu.

Dalam pernyataannya, pejabat Angkatan Laut AS itu juga menyebut bahwa sebuah kapal serbu amfibi, USS Tripoli, juga berada di area yang sama sebagai bagian dari pengerahan ke kawasan yang dimulai sejak awal Mei lalu dari pangkalan asalnya di San Diego, AS.

Simak juga Video: Taiwan Pamer Kekuatan Militernya di Tengah Ketegangan dengan China

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT