Pesawat Tempur China Dekati Selat Taiwan Jelang Kunjungan Ketua DPR AS

ADVERTISEMENT

Pesawat Tempur China Dekati Selat Taiwan Jelang Kunjungan Ketua DPR AS

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 02 Agu 2022 12:33 WIB
U.S. House Speaker Nancy Pelosi (D-CA) holds her weekly news conference with reporters on Capitol Hill in Washington, U.S., July 14, 2022. REUTERS/Elizabeth Frantz
Ketua DPR AS Nancy Pelosi dilaporkan akan tiba di Taiwan pada Selasa (2/8) malam (dok. REUTERS/Elizabeth Frantz)
Taipei -

Sejumlah pesawat tempur China terdeteksi mengudara hingga ke garis tengah yang membagi Selat Taiwan. Aktivitas militer China ini terpantau usai laporan menyebut Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi akan tiba di Taiwan pada Selasa (2/8) waktu setempat.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (2/8/2022), China berulang kali memperingatkan Pelosi untuk tidak mengunjungi Taiwan, yang diklaim sebagai wilayah kedaulatan Beijing. Otoritas AS, pada Senin (1/8) waktu setempat, menegaskan tidak akan terintimidasi oleh 'gertakan' China.

Diungkapkan sejumlah sumber kepada Reuters bahwa selain sejumlah pesawat tempur China mengudara dekat garis median perairan sensitif di Selat Taiwan pada Selasa (2/8) pagi waktu setempat, beberapa kapal perang China juga dilaporkan tetap berada di dekat garis median itu sejak Senin (1/8) waktu setempat.

Sumber-sumber itu menyebut baik kapal perang maupun pesawat tempur China sama-sama 'menyusup' ke garis median Selat Taiwan pada Selasa (2/8) pagi waktu setempat -- langkah tidak biasa, yang disebut sumber sebagai 'sangat provokatif'.

Menurut sebuah sumber, pesawat tempur China berulang kali melakukan gerakan taktis dengan secara singkat 'menyentuh' garis median dan berputar kembali ke sisi lainnya pada Selat Taiwan, sementara pesawat tempur Taiwan bersiaga di dekatnya.

Pesawat tempur dari China maupun Taiwan biasanya tidak ada yang terbang hingga melintasi garis median.

Kementerian Pertahanan Taiwan belum memberikan tanggapan resmi atas aktivitas militer China itu.

Namun, laporan kantor berita Taiwan, Central News Agency (CNA), yang mengutip sejumlah sumber tak teridentifikasi menyebut Kementerian Pertahanan Taiwan telah 'memperkuat' tingkat kewaspadaan tempur pada Selasa (2/8) pagi hingga Kamis (4/8) siang.

Lihat juga video 'Taiwan Pamer Kekuatan Militernya di Tengah Ketegangan dengan China':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT